Breaking News

Hari ini Serbuan Vaksinasi Koramil 02 Simpang Empat Salurkan 187 Dosis


Pasaman Barat- Figurnews.com

Sebagai upaya mensukseskan pelaksanaan vaksinasi nasional, Koramil 02/Simpang Empat Wilayah Kodim 0305 Pasaman Barat  bekerjasama dengan Puskesmas Sukamenanti dan Klinik Arisha Simpang Empat melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi covid-19 gratis untuk masyarakat umum, Selasa (13/07).


Danramil 02 Simpang Empat Kapten Kav Sumidi Slamet mengatakan kegiatan serbuan vaksinasi ini dilaksanakan di Aula Makoramil Simpang Empat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) melalui program vaksinasi Covid-19.


"Antusias warga mengikuti vaksinasi gratis terrealisasi semua, ini merupakan hasil kerja keras para babinsa yang telah melakukan sosialisasi kepada warga binaan yang telah bekerja keras tanpa pamrih demi mewujudkan Indonesia Sehat,”terangnya.


"hari ini peserta mendaftarkan register 189 orangz setelah di screening hanya  187 orang yang kesehatannya memenuhi syarat di vaksin Sinovac," 


"Ada  2 orang peserta tidak bisa divaksinasi karena kesehatan tensi tinggi dan demam" ungkapnya.


Lebih lanjut Sumidi menjelaskan, adapun peserta vaksinasi karyawan pabrik roti Andalas Kinali, Karyawan PT. Gersindo Minang Plantation  Tanjuang Pangka serta masyarakat sekitar Mako Koramil Simpang Empat.


Sumidi meminta kepada masyarakat untuk tidak takut divaksin dan mengajak anggota keluarga yang belum divaksin untuk ikut serta dalam program vaksin. Setelah vaksin tetap jaga protokol kesehatan karena selesai vaksin bukan berarti kita terbebas dari covid-19.”ucapnya


"Vaksinasi dilakukan ileh tenaga kesehatan sebanyak 9 orang dari puskesmas Sukamenanti, 5 orang tenaga kesehatan dari Klinik Arisha dibantu 6 personil Koramil disediakan juga 1 unit ambulance standby," 


Partisipasi masyarakat mengikuti vaksinsi COVID-19 di Koramil 02  Simpang Empat meningkat drastis, bahkan petugas terpaksa mengarahkan masyarakat ke ke Puskesmas terdekat untuk mendapatka vaksin tahap satu. karena jumlah vaksin dan tim vaksinator di koramil terbatas


Dari pantauan, tingkat partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi covid-19 di lingkungan Koramil 02 Simpang Empat dan koramil wilayah barat/ Kodim 0305 Pasaman Barat meningkat drastis, karena terbatasan tim vaksinasor dan ketersediaan vaksin, petugas mengarahkan masyarakat ke puskesmas terdekat.


Danramil menambahkan, berdasarkan data capaian di dosis awal terdapat seribu lima ratus orang lebih yang sudah disuntik,  dan mulai kemarin hingga beberapa hari kedepan akan dilanjutkan penyuntikan dosis kedua kepada sasaran. Menghindari kerumunan, petugas menyusun jadwal tertentu bagi kelompok masyarakat.


Danramil 02 Simpang Empat Kapten Kav Sumidi Slamet mengatakan "Setiap hari dua tim vaksinastor bisa melakukan vaksin dosis kedua terhadap dua ratus sasaran, namun jumlah masyarakat yang datang melebihi target. Sehingga perlu dilakukan langkah pemisahan vaksin tahap satu dengan tahap dua," ungkapnya.


Pasca didata dan diarahkan,  masyarakat terlihat memahami dan menuju puskesmas terdekat. Petugas memprediksi peningkatan jumlah mencapai 20 hingga 30 orang setiap harinya. Kedepan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat tentang vaksinasi.

petugas dan penitia berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan/ meski sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.


Danramil juga serta mengajak keluarga lainnya ikut vaksin di sejumlah gerai dan lokasi yang disediakan oleh pemerintah. Baik di Puskesmas atau dikantor TNI atau Polri.


dr.Dani Petugas klinik Arisha mengaku, hari ini banyak masyarakat yang datang meminta disuntik vaksin tahap satu. Permintaan tersebut tetap diakomodir petugas dengan mengarahkannya ke puskesmas terdekat, hal itu untuk mengantisipasi ketersedian vaksin dan efektivitas pelaksaan.


(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre