Breaking News

 


Dekranasda Tanah Datar Kunjungi Dekranasda Riau

Tanah Datar, Figurnews.com

Ketua Dekranasda Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra melakukan kunjungan ke Dekranasda Provinsi Riau, Kamis (01/07/2021).

"Di masa pandemi saat ini, aktifitas masyarakat banyak terganggu begitu juga dengan UMKM dan usaha lainnya, namun kita tidak semestinya berputus asa terus berusaha dan bersemangat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan", kata Ny.Lise.

Hampir di seluruh Sumatera Barat sama kondisinya. UMKM seperti usaha tenun songket, batik yang mana di Tanah Datar juga ada usaha membatik yaitu batik tanah liek juga mengalami kondisi serupa.

“Kita memiliki pusat pelatihan tenun, guna terus melestarikan tradisi menenun ini yang sudah ratusan tahun lahir di tengah-tengah masyarakat Tanah Datar Luhak Nan Tuo. Untuk itu kami mengundang Dekranas Provinsi berkunjung ke tempat kami, agar bisa juga menyaksikan langsung, bertukar informasi dan pengalaman dengan pengrajin yang kita bina serta melihat peluang kerjasama,” kata Ny.Lise.

Pengurus Dekranasda Provinsi Riau Leni Marlina mengatakan di Provinsi Riau kegiatan Dekranasda ini juga baru kembali digiatkan yang sebelumnya sempat fakum ditambah lagi dimasa pandemi covid-19 dan ini atas inisiasi ketua Dekranasda Provinsi Riau yang baru.

“Kegiatan Dekranasda Provinsi Riau ini juga baru kembali digiatkan dan itu belum semua kegiatan pembinaan yang dapat dilakukan namun kita berharap ini kembali menggeliat dan tetap berupaya bagaimana kegiatan IKM dan UMKM dapat berkembang,”ucapnya.

Untuk motif batik disampaikan Leni seperti payung sekaki, bunga kincung, bunga teratai, anggrek, jeruju dan motif baru yaitu motif corona. (SUTAN/Hms)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre