Breaking News

 

 
 

 

Bupati Eka Putra Serahkan Alsintan Kepada Kelompok Tani

 


Tanah Datar, Figurnews.com

Bupati Eka Putra menyerahkan Alat Mesin Pertanian kepada kelompok tani yang ada di Tanah Datar.

Penyerahan tersebut berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar juga dihadiri Anggota DPRD Tanah Datar dari fraksi Partai Demokrat Nurhamdi Zahari, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, anggota kelompok tani dan undangan lainnya, Senin (19/7/2021).

Bantuan Alat Pertanian tersebut berjumlah 77 unit, masing-masing 38 Handtractor, 15 unit Cultifator, 13 unit Pompa Air dan 10 unit Konseler serta 1 unit Komben Mini  ini berasal dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Demokrat dan pembagiannya akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di kecamatan se- Tanah Datar.

Bupati Eka Putra pada kesempatan yang sama secara pribadi dan sebagai pimpinan daerah mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul, yang menurutnya telah melaksanakan janji-janji kampanyenya dulu ketika mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Provinsi.

Dikatakan Bupati, bantuan alsintan sebanyak 77 unit ini sangat luar biasa dan banyak sekali. Untuk itu diharapkan kepada kelompok tani untuk tidak monopoli dalam pemakaiannya nanti, serta juga diingatkan terkait bagaimana pemeliharaannya nanti.

Eka Putra juga mengatakan bahwa sektor pertanian mempunyai peranan penting terhadap perekonomian di Kabupaten Tanah Datar.

“Pada tahun 2020, sektor pertanian di Tanah Datar memberikan kontribusi terhadap PDRB sebesar 29,81 %, sehingga pembangunan pertanian menjadi prioritas  bagi Pemda Tanah Datar sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026, yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri dan UMKM ", katanya. 

Bupati Eka juga menyebut, beberapa upaya dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah dengan meningkatkan produksi dan produktifitas serta menurunkan biaya produksi serta meningkatkan pemasaran komoditi hasil dari produksi pertanian.

Eka Putra di kesempatan itu juga mengatakan bahwa janji politiknya saat mencalonkan diri sebagai Bupati di Kabupaten Tanah Datar tentang “Bajak Gratis” bagi para petani baru bisa dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. 

“Program bajak gratis baru bisa terlaksana pada tahun 2022 nanti, karena sekarang kami baru mempersiapkan baik anggarannya, alsintannya, dan tenaganya. Dan anggarannya nanti ada di tahun 2022,” terang Eka Putra dihadapan para kelompok tani yang hadir saat itu. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre