Breaking News

 


Bupati Eka Putra Ajak Bumnag Sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Nagari

 


Tanah Datar, Figurnews.com

Kehadiran Badan Usaha Milik Desa/Nagari (Bumdes/Bumnag) seyogyanya menjadi kekuatan ekonomi baru nagari. 

“Bumnag diharapkan bisa maju dan berkembang, Bumnag punya potensi untuk itu karena  Bumnag mengusung semangat kemandirian, kegotong-royongan, dan kebersamaan antara pemerintah nagari dan masyarakat setempat, jadikan Bumnag di Tanah Datar sebagai kekuatan ekonomi baru,” ucap Bupati Eka Putra, Rabu (28/7/2021) di Pagaruyung.

Menurutnya, tujuan pendirian Bumnag tersebut untuk meningkatkan pendapatan ekonomi nagari dan masyarakat melalui pengembangan aset-aset lokal dan potensi nagari lainnya. 

Dengan terbitnya peraturan baru tersebut merupakan angin segar bagi Bumnag bisa lebih berkembang dan memiliki payung hukum yang jelas, peraturan peraturan tersebut pastinya akan membuka peluang yang besar bagi Bumnag dalam mengembangkan unit-unit usahanya.

"Dengan berkembangnya Bumnag tentu akan berdampak pada kemandirian nagari secara ekonomi. Impilikasinya, Bumnag maju, nagari kuat, kabupaten juga kuat,” kata bupati.

Bupati juga berharap Walinagari dan pengurus Bumnag jeli melihat peluang usaha yang menguntungkan salah satunya saat ini usaha Pertashop.

“Saya lihat usaha Pertashop belum semua ada di nagari. Bisa menjadi salah satu pilihan, peluang usaha ini bisa diambil. Tentunya dengan kebutuhan modal yang lebih besar, bisa memanfaatkan keberadaan Bank Nagari,” ucap bupati.

Bupati juga berpesan kepada para camat dan walinagari mendapat pemahaman tentang pentingnya Bumnag dalam pencapaian prioritas penggunaan dana desa untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan nagari sekaligus memberikan arahan kepada camat dan wali nagari agar dapat mengembangkan Bumnag yang ada di nagari dan Bumnag bersama di kecamatan masing-masing. (SUTAN/Hms)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre