Breaking News

 


Bupati Banggai H. Amirudin Bersama Wakil Bupati Memimpin Secara Langsung Audensi Dengan Masa Aksi Front Rakyat Kab. Banggai ( FRKB)


Banggai(Sulteng), Figurnews.com

Bupati Banggai H. Amirudin bersama Wakil Bupati Banggai H. Furqanudin memimpin secara langsung Audiensi dengan Masa Aksi Front Rakyat Kab. Banggai (FRKB) Terkait Tuntutan Pemberlakuan PPKM,  Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai. Jum'at 30 Juli 2021.

Turut hadir Staf Khusus Bupati Banggai Alimudin M. Nur, Taufan Pratama zasya, Kadis Kesehatan Anang Otoluwa, Kadis Sosial Syaifuddin Muid, Kadis Koperasi & UMKM Ernaini Mustatim, Kasat POL-PP Suwitno Abusama, Unsur Kepolisian,  dan perwakilan elemen massa aksi dan pelaku UMKM.

Elemen warga yang terdiri dari Pelaku Usaha UMKM, Pegiat Seni, dan Masyarakat Menengah Kelas Bawah yang tergabung dalam Front Rakyat Kabupaten Banggai (FRKB) menggelar aksi unjuk rasa.

Dalam aksi sekaitan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat pandemi Covid-19 tersebut, terdapat lima tuntutan elemen massa aksi: 

1. Pembatasan waktu dihilangkan. 

2. Kegiatan rumah ibadah tidak ada batasan waktu. 

3. Menolak kartu atau surat vaksin sebagai syarat administratif pelayanan publik. 

4. Transparansi penggunaan anggaran Covid-19. 

5. Evaluasi kinerja Satgas Covid-19.

Setelah Bupati Banggai mendengarkan tuntutan dan juga keluh kesah beberapa perwakilan elemen massa aksi. H. Amirudin memberi pemahaman bahwa hal itu terjadi karena kasus warga yang terpapar Covid-19 beberapa pekan terakhir ini, terus mengalami peningkatan secara signifikan.

“Kita sedang berperang. Dan berperang dengan musuh yang tidak nyata. Sehingga, tidak bisa kita lawan dengan bambu runcing atau senjata, dan lain sebagainya. Untuk itu, kami Pemerintah harus melakukan langkah yang dasarnya sesuai Instruksi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Selain itu, sambung Bupati, terakhir dirinya telah menerbitkan Surat Edaran (SE) jika daerah kita saat ini berada pada PPKM Level III. Daerah lain seperti Kota Palu sudah berada pada PPKM Level IV. ” Dan pada tanggal 6 Agustus nanti kita akan evaluasi kembali,” terangnya.

Selanjutnya terkait tuntutan poin ketiga, *Bupati H. Amirudin* menyatakan, bahwa belum ada kantor instansi Pemerintah Kab. Banggai seperti yang Sifatnya Pelayanan Seperti mengurus KTP atau juga mendapatkan pelayanan Rumah Sakit (RS), Surat Keteranga Di kel. Dan kecamatan yang mewajibkan syarat administratif harus memiliki kartu atau surat vaksin.

“Karena sementara daerah kita memang belum mampu mempersiapkan agar seluruh warga kita divaksin. Kita unsur Forkopimda baik Pemda, Polres, Kodim, dan lainnya sedang bermohon terus untuk penambahan dosis vaksin, Karena Vaksin itu dri Pemerintah Pusat Dalam Hal ini Kementerian Kesehatan” terangnya.

Sementara terkait tuntutan transparansi penggunaan anggaran Covid-19, Apabila ada oknum nakal Instansi Instansi Pemerintah yang coba-coba bermain dengan dana penanggulangan atau penanganan Covid-19. lapor ke kami dan  disertai bukti, kami akan tindak lanjuti dengan cepat.

“Tolong bantu saya. Kalau ada oknum-oknum nakal silahkan dilaporkan, saya sudah sampaikan ke kepala-kepala OPD agar anggaran saat ini jangan hanya untuk pembangunan fisik. Namun, harus diprioritaskan untuk penanganan Covid-19. Seperti untuk penyediaan obat-obatan, oksygen, dan lainnya. Termasuk honor terhadap tenaga kesehatan (Nakes), hak hak mereka wajib di penuhi, Sebab, Nakes memang merupakan garda terdepan dalam penanganan dan Penanggulangan Covid19,” ucap Buapti.

Terakhir terkait dengan tuntutan evaluasi kinerja Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Banggai. Bupati H. Amirudin mengungkapkan, bahwa setelah selesai waktu PPKM Level III maka pada tanggal 6 Agustus 2021 nanti akan mengevaluasi kembali.

“Saya menginginkan supaya perwakilan teman-teman dari Front Rakyat Kabupaten Banggai, bisa turut hadir pada saat digelarnya rapat evaluasi pada tanggal 6 Agustus nanti. Kalau memang angkanya terus naik, harus sama-sama kita dukung langkah selanjutnya. Apalagi seperti barusan kami terima kabar,"pungkasnya.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre