Breaking News

 

 
 

 

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo Kembali Membuat Inovasi Ranops Perahu Rawa Untuk Keperluan TNI


Jawa Barat,Figurnews.Com — Brigjen TNI Kunto Arief  Wibowo kembali membuat inovasi untuk keperluan TNI dan optimalisasi dalam menjalankan tugas, kali ini ia membuat Mudboat (Perahu Rawa ) untuk operasi patroli keamanan TNI di wilayah perairan pedalaman atau daerah rawa dan berlumpur di Indonesia.


Jenderal Bintang Satu ini lebih lanjut menceritakan melihat kondisi operasi tentara saat kadang akan masuk ke pedalaman, termasuk sungai  dan rawa maka muncul ide untuk membuat solusi, yakni membuat Mudboat yang tentunya sangat dibutuhkan sebagai alat operasional TNI kedepan.






Untuk sementara akan diujicoba untuk membantu penanganan bencana, dan di ujicoba di sungai Citarum, Jawa Barat.


“ Mudboat (Perahu Rawa) ini adalah sebagai sarana untuk tentara, yang bisa masuk ke pedelaman sungai yang ada  di Indonesia, dan seringkali airnya dangkal dan berlumpur. Mudboat ini mampu dioperasikan mulai hulu sungai kecil sampai ke muara sungai dipantai,” jelasnya, jum’at (16/07/2021).


Menurutnya, belajar dari pengalaman yang ada selama ini, sungai seringkali dangkal dan berlumpur, dan Speedboat biasa tidak mampu melewati perairan tersebut, maka terjawab dengan adanya Mudboat yang dibuat ini, menjadi solusi yang bisa digunakan untuk mobilisasi opresional TNI kapan saja.


Dijelaskannya Mudboat terbuat dari Aluminium Marine, Design Mudboat dibuat khusus untuk bisa beroperasi di daerah yang berlumpur.  Untuk mesin Mudboat juga dibuat khusus dan berpendingin udara, dengan propeller baja.


“ Nah Mudboat yang pertama kali  dibuat ini berukuran 5 meter, berat 350 kg dengan kapasitas muatan 6 orang, nanti akan digunakan untuk mobilisasi di jalur lumpur rawa dan air, dan ini tentu sangat ekonomis,” urainya.


Sementara itu Mitra Pembuatan Mudboat Budi Suceri menambahkan untuk urusan mesin, Mudboat menggunakan mesin kecil  4tak 35hp dan mampu berlari dengan kecepatan 16knot dengan daya jelajah dengan bahan bakar bensin 40ltr adalah 7-10jam dan  jangkauan 120mil.


“ Rencananya Mudboat akan digunakan untuk operasi di sungai di pedalaman di Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Papua,” urai Budi


Editor ;Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre