Breaking News

 


ravatar Image Dinas Pangan Kota Solok Bareng OPD Galakan Gang Hijau


SOLOK ,Figurnews,com– 

Dinas Pangan Kota Solok bareng OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainya galakan istilah Gang Hijau ditengah masyarakat dan lingkungan RT/RW di Kelurahan dan perkampungan.

Gang Hijau merupakan bentuk percontohan yang dilakukan oleh Dinas Pangan Kota Solok bersama OPD dilingkungan Pemerintah Kota Solok dalam pemanfaatan jalan lingkungan untuk tanaman sayuran dan buah.

Kepala Dinas Pangan Kota Solok Kusnadi, Minggu (20/6/2021) dihubungi MinangkabauNews.com menjelaskan Gang Hijau adalah lorong atau jalan kecil yan terletak di perkampungan, Dusun, Kelurahan, RT, dan RW dalam kota yang ditanami aneka jenis tanaman.

“Manfaat Gang Hijau antisipasi langkanya lahan untuk bertanam sayur dan buah. Dengan Gang Hijau akan menambah ketahanan pangan, edukasi tanaman pangan dan teknologi, menambah asri lingkungan dan memanfaatkan lahan tidur atau tidak terpakai,” jelasnya.

Lebih lanjut Kusnadi mengatakan selama ini masyarakat hanya manggunakan jalan lingkungan untuk sarana penghubung. Dengan adanya Gang Hijau jalan yang dilalui masyarakat bakal dipenuhi oleh keberagaman sayur dan buah yang tentunya menambah keindahan lingkungan.

“Pemanfaatan jalan lingkungan sebagai lokasi ketahanan pangan di Kelurahan akan menambah asri dan indah lingkungan. Aneka sayuran dan buahan di jalan lingkungan akan menambahkan kesejukan,” katanya.

Selain itu Kusnadi menyebutkan beberapa kriteria atau persyaratan umum dari Gang Hijau. Diantaranya lebar 2 Meter, panjang minimal 15 Meter, tersedia penyiraman air, terdapat sinar matahari dan adanya pengelola yang akan merawat tanaman yang telah ditanam.

“Dengan kegiatan ini diharapkan lingkungan jadi lestari dan berlanjut setiap harinya dengan memanfaatkan bibit hasil pertanaman saat ini,” ujar Kusnadi.(Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre