Breaking News

 

 
 

 

Pelatihan Tracer Covid-19 Bagi Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Asam


Kubu Raya,Figurnews.Com -
Dalam upaya mendukung percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Kubu Raya, Babinsa Koramil 1207-05/Sungai Raya Kodim 1207/BS dan Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Raya  menerima pelatihan petugas kontak/tracer covid-19 bertempat di Puskesmas Sungai Asam, Jalan KH. Ahmat Dalan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Jumat (11/06/2021)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Dinas Pencegahan Penyakit Menular Kab. Kubu Raya (Bapak Dr. Yudi), Kepala Pukesmas Sungai Asam (Bapak Supriyadi.A.Md., Kes., SE.), Dinas Kesehatan Kab. Kubu Raya (Bapak H. Siswani, Skm.), Kepala Desa Sungai Asam yang diwakili Sekdes (Bapak Masdar), Babinsa Koramil 1207-05/Sungai Raya, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Raya, serta tenaga medis Pustu  Dalam kegiatan tersebut para Babinsa, Bhabinkamtibmas serta staf desa dan bidan desa wilayah kerja Puskesmas Sungai Asam menerima sejumlah materi yang meliputi pengetahuan dasar tentang covid-19, pencegahan dan pengendalian, strategi pengendalian covid-19 melalui penelusuran kontak (contact tracing) dan pelatihan Babinsa dalam rangka Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro termasuk pelaksanaan posko desa dalam rangka PPKM Mikro.

H. Siswani, Skm., selaku pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya mengatakan bahwa, “Tujuan dari dilakukannya kegiatan ini yakni, guna untuk memberikan pembekalan kepada petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta tenaga kesehatan puskesmas yang nantinya akan turun berinteraksi langsung dengan masyarakat guna proses percepatan penanggulangan covid-19 dengan penguatan testing dan tracing sehingga lebih dini dapat menemukan kasus dan melakukan tindakan penanganan” ujarnya.

“Untuk saat ini yang sulit adalah pemantauan terkonfirmasi covid -19 yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah karena kita tidak bisa setiap saat memantau mereka dikediamannya” jelasnya.

Lanjut H. Siswani, Skm., mengatakan, “Kegiatan tes tracer ini melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk membantu petugas kesehatan untuk melacak warga yang sedang terpapar covid-19 dan membantu melakukan tracing dan nanti juga untuk membantu memonitoring isolasi di wilayah binaan masing-masing” lanjutnya.

“Saya harap dengan dilakukannya kegiatan ini para Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat bekerjasama dengan para tenaga medis dalam menjalankan tugas ini yakni sebagai tracer dan vaksinator covid-19” ucapnya.

Sementara itu, Danramil 1207-05/Sungai Raya Kapten Inf. Albertus Nihem menyampaikan bahwa sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. “Ini sangat penting dilakukan agar seluruh Babinsa dan Babinkamtibmas serta tenaga kesehatan puskesmas dapat lebih paham tindakan apa yang akan dilakukan dilapangan” ungkapnya.

Ia berharap kepada peserta yang hadir khususnya Babinsa Koramil 1207-05/Sungai Raya agar mendengarkan dan memahami apa yang disampaikan oleh pemateri. Karena Babinsa dan Babinkamtibmas   

adalah sebagai tracer di lapangan untuk mendampingi para tenaga kesehatan.

“Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan tulus dan ikhlas agar pandemi covid-19 ini segera berakhir” pungkas Danramil.

(Pendim 1207/BS)

Editor ;Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre