Breaking News


 

Laksanakan Fungsi Pengawasan, Tim Wasrik Post Audit Itjenad Kunjungi Kodim 1207/BS


Pontianak,Figurnews.Com -
Tim Pengawas dan Pemeriksa (Wasrik) Post Audit Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) yang diketuai oleh Brigjend TNI Suko Basuki, SH. bersama rombongan berkunjung ke Kodim 1207/BS di Jl. Gusti Sulung Lelanang, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Jumat (04/06/2021)

Dalam kunjungannya, tim wasrik post audit disambut langsung oleh Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. dalam rangka pemeriksaan terkait pelaksanaan program kerja dan anggaran satuan Kodim 1207/BS TA. 2021.

Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. menyampaikan, “Kehadiran tim wasrik post audit irjenad ini bertujuan untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan pemeriksaan sebagai salah satu kegiatan penting yang tidak dapat dipisahkan dalam sistem manajemen organisasi modern” katanya.

Dikatakan, kualitas fungsi pengawasan tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan tugas suatu organisasi, termasuk tugas organisasi di lingkungan Kodim 1207/BS.

Disamping itu, wasrik juga merupakan salah satu upaya untuk membantu para pimpinan satuan dalam mengukur dan mengevaluasi pelaksanaan tugas serta fungsi yang telah dijalankan sesuai dengan program yang telah disusun sebelumnya.

Kedatangan tim wasrik post audit Irjenad sangat besar manfaatnya bagi para pejabat pelaksana program dan anggaran khususnya Kodim 1207/BS dalam meningkatkan kinerja dan mempertanggungjawabkan setiap program anggaran yang ditetapkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Karenanya, “Kepada para pejabat yang bertanggung jawab dibidang administrasi, keuangan dan pengelola anggaran, dapat memberikan 

laporan dan jawaban transparan dengan menyajikan data yang diperlukan sesuai obyek yang diperiksa” papar Dandim.

Lanjut Dandim, “Sesuai himbauan ketua tim warsik post audit irjenad, setiap kegiatan yang menyangkut anggaran harus dapatnya dievaluasi di post audit intern setiap awal bulan, hal ini guna mengetahui sejauh mana penyerapan anggaran dan pelaksanaannya berjalan sesuai dengan ketentuan dan program kerja Kodim 1207/BS dan selain itu untuk tertib administrasi disetiap lingkup atau bagian” pungkas Dandim.

Selanjutnya pada acara yang sama, ketua tim wasrik post audit irjenad Brigjen TNI Suko Basuki, SH., menyampaikan bahwa, “Pengawasan merupakan tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya in-efisiensi disegala bidang” ungkapnya.

“Fungsi wasrik dalam suatu organisasi maju dan modern merupakan sebuah proses dan mekanisme yang harus dilaksanakan, karena wasrik menjadi bagian integral dari sebuah sistem” tambahnya.

“Kepada seluruh perwira staf Kodim 1207/BS harus kooperatif dan memberikan data-data yang lengkap dan akurat, dengan tujuan bila dalam pelaksanaan wasrik dan nantinya masih ditemukan adanya kekurangan dan kesalahan atas produk-produk dan kelengkapan administrasi, tim akan memberikan penjelasan dan masukan sesuai ketentuan, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan menjadi perbaikan kinerja kedepan satuan Kodim 1207/BS beserta jajarannya" ucapnya.

Terakhir ketua tim berpesan, “Kehadiran tim warsik post sudit irjenad hendaknya jangan dijadikan sesuatu yang memberatkan, tetapi jadikan sebagai peluang untuk memperoleh masukan konstruktif guna pemecahan berbagai kekurangan, khususnya yang bersifat teknis atau prosedural, agar nantinya dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan tugas selanjutnya” ungkap Brigjen TNI Suko Basuki, SH. (Pendim 1207/BS)

Editor ;Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre