Breaking News


 

Ekspor Lidi Sawit , Mulai Bangkitkan Ekonomi Nagari UMKM Pasaman Barat


Pasaman Barat, Figurnews.com 

Popularitas kelapa sawit hingga akhirnya mendapat julukan sebagai incredible tree menjadi salah satu bukti bahwa seluruh bagian kelapa sawit dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomi tinggi. 

Meskipun mayoritas masyarakat Pasaman barat,Sumbar hanya mengenal kelapa sawit sebagai penghasil minyak saja, tetapi lebih dari itu, bahkan limbah kelapa sawit pun memiliki potensi dan prospek yang sangat bagus.

Salah satu limbah sawit yang memiliki potensi dan manfaat ekonomi adalah lidi sawit. Tidak hanya dikenal di pasar domestik, permintaan terhadap lidi sawit pun juga laris-manis di pasar global.

Umumnya, lidi dari pelepah sawit dimanfaatkan untuk pembuatan sapu lidi. Namun, dengan berkembangnya inovasi dan preferensi pasar, lidi sawit telah dikembangkan menjadi beberapa jenis produk kerajinan (handcraft) seperti piring anyaman hingga tas.


Dari Sumber Antara, Dalam laporan Palm Oil Indonesia dikatakan, "Tingginya preferensi dan minat konsumen pasar global terhadap produk ecofriendly, otentik tradisional, dan produk hasil kerajinan tangan yang dianggap memiliki value yang tinggi merefleksikan peluang pasar produk piring anyaman lidi sawit yang sangat besar."

Mengingat tren ecofriendly yang sedang marak saat ini serta ketertarikan konsumen di negara luar sangat besar terhadap sesuatu yang unik dan berbahan dasar alam yang tidak ada di negara tersebut, prospek bisnis dan peluang ekspor produk inovatif berbasis lidi sawit makin potensial.

Sebut saja Syafrizal,SH, salah seorang Eksportir Lidi sawit pada media Figurnews.com menyampaikan "Kami menawarkan kepada sanak saudara yang berminat usaha Peraut Lidi Khususnya Lidi Kelapa Sawit. Bagi Peraut lidi harga per Kilo beda dengan harga pengumpul lidi," katanya, di Simpang Empat, Sabtu (5/6)

"Bagi pengumpul lidi ada beberapa kategori yang harus dikerjakan seperti mengumpulkan, mengikat dan menyortir lidi hingga memuat keatas mobil," jelas Zal, yang akrap disapa Ajo.

Lebih lanjut ia menyatakan "Setiap aitem memiliki upah per kilonya, Namun demikian bagi berminat silahkan koordinasi dengan yang kita baik melalui HP maupun ketemu langsung,".

Bagi peminat di Wilayah Kabupaten Pasaman Barat bisa dilakukan pertemuan langsung atau hubungi Nomor Hp / WA 0823-1172-1441.

"Untuk gudang ada di wilayah Lubuak Batang, Simpang Padang Panjang, Kenagarian Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. 

Bagi yang ada kesempatan silahkan datang ke tempat tersebut.

Kategori Lidi Sawit Ekspor :

1. Lidi sawit panjang lebih kurang : 85 Cm 

2. Lidi diraut bersih dari daun dan potong bonggol

3. Setelah diraut lidi dikeringkan / dijemur sampai 3 (tiga) hari

4. Bagi lidi yang sudah terkumpul bisa diantar kegudang ataupun dijemput oleh pihak pembeli sesuai jarak dan banyaknya lidi.

5. Pihak Peraut / penjual agar menghubungi pihak pembeli untuk koordinasi sistem pembelian dan cara dalam mengantar ataupun dijemput pembeli.

Ia berharap semoga Usaha Ekspor lidi sawit bisa membangkitkan Ekonomi Nagari UMKM, Pada saat ekonomi yang merosot akibat dampak Pandemi Covid-19.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre