Breaking News

 

 
 

 

Ditres Narkoba Polda Sumbar Berhasil Gagalkan 5 Tersangka Pemasok Nakorba Lintas Provinsi Dengan BB, 2 Kg Sabu dan 13 Kg Ganja


Padang(Sumbar), Figurnews.com

Baru saja menjabat sebagai Direktorat Narkoba Kombes Pol Roedy Ylianto, SIk, MH bersama timnya berhasil menggagalkan peredaran Narkoba di wilayah hukum Polda Sumbar. Hal itu disampaikan dalam pers release oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik bersama Diters Narkoba  Kombes Pol Yoelianto, S.Ik, MH saat menggelar jumpa pers, Rabu (30/6) di Mapolda Sumbar. 

Keberhasilan mengukap kasus ini, juga merupakan kado istimewa bagi Tim Res Nakorba Polda Sumbar menjelang dirayakan DIRGAHAYU Bhayangkara ke 5 tahun.


Dalam hal ini, Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar Kombes Pol Roedy Yoelianto, S.Ik. MH menyampaikan, dari pengungkapan tersebut pihaknya berhasil menyelamatkan 20 ribu orang dari bahaya narkoba. 

Hal ini terungkap berkat informasi dari masyarakat, dengan informasi tersebut, pada Rabu, 23 Juni 2021 petugas Ditresnarkoba menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan dan dilakukan penangkapan terhadap 2 orang tersangka berinisial MAK (30) dan IM (31) warga Pekanbaru dengan dibantu oleh anggota Satlantas Polres Padang Pariaman.

Dari tangan tersangka, petugas berhasil menyita barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat 1.998,03 gram yang dibungkus plastik merk GUANYINWANG, dan 2 Unit HP serta kendaraan Suzuki Ertiga No pol BM 1177 JG warna abu-abu yang digunakan tersangka.

"Dari hasil penangkapan ini, kita berhasil menyelamatkan 20 ribu orang lebih dari bahaya narkoba," paparnya.


Sebelum itu, pihaknya juga berhasil mengungkap dua kasus sebelumnya dalam bulan yang sama. Pertama hari Selasa 15 Juni 2021 dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja dengan barang bukti sebanyak 10 Paket besar di pinggir jalan depan Mushalla Al-Fallah Jorong Parit Nagari Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat.

"Dalam hal in, tersangkanya yakni AP (36) warga Jorong Ampek Koto Nagari Kinali Pasaman Barat," terangnya.  

Sementara, kasus yang kedua yaitu penyalahgunaan narkotika jenis ganja, Selasa 22 Juni 2021 sekitar pukul 21.30 wib dikawasan Air Pacah Kota Padang dengan tersangka ET (38) dan R (35). Dari kedua tersangka ini, petugas menyita 3 paket narkotika jenis ganja, 2 Handphone dan 1 unit sepeda motor.

Kombes Roedy menuturkan, keberhasilan pengungkapan kasus ini merupakan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh anggota dilapangan, yang berawal dari pengaduan dari masyarakat melalui fitur pengaduaan online di website Ditresnarkoba.

"Kami dari jajaran Ditresnarkoba Polda Sumbar memiliki website yang didalamnya terdapat fitur pengaduan online, silahkan kunjungi websitenya," tuturnya.

Ditambahkan, saat ini pihaknya memiliki wadah untuk menampung pengaduan dari masyarakat terkait penyalahgunaan narkoba, silahkan sampaikan informasi tanpa perlu datang dan tanpa menyebutkan tentang identitas.

Dalam kasus yang dilakukan oleh tersangka AP ini, dijeratan pasal 114 ayat (2) subsider pasal 111 ayat (2) undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun paling lama 20 tahun, untuk tersangka ET dan R disangkakan pasal yang sama, sementara untuk tersangka MAK dan IM diterapkan pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.(*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre