Breaking News

 


Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar Temui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, Sekaitan Normalisasi Sungai Batang Tapan


Painan(Sumbar), Figurnews.com

Datang menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar meminta kepada Menteri pembangunan normalisasi sungai Batang Tapan.

Seperti diketahui, kondisi sungai batang Tapan saat ini sangat sering meluap sehingga sering terjadi banjir merendam empat nagari di Tapan, setiap kali diguyur hujan meskipun hanya sebentar.

Kendati demikian, kondisi sungai mesti cepat dinormalisasi karena sebab banjir luapan Tapan sudah merusak beberapa fasilitas dan merugikan banyak masyarakat setempat.

“Karena, APBD kita tidak sanggup untuk membiayai pembangunan normalisasi. Kita harus bergantungan dengan anggaran pusat, dan kita harapkan pemerintah pusat bisa membantu dengan segera normalisasinya,” kata Rusma Yul Anwar pada Figurnews.com, Jumat (18/6/2021).

Kemudian kata Bupati Rusma, dengan adanya persoalan ini. Ia berupaya untuk menemui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, dalam mengatasi masalah tersebut.

“Alhamdulillah saya sudah bertemu dengan Menteri PUPR untuk menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pembangunan infrastruktur di Pesisir Selatan, pada Kamis kemarin (18/6/2021), terutama tentang normalisasi sungai Batang Tapan,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Kementerian PUPR tersebut, bupati didampingi Kepala Dinas PSDA, Doni Gusrizal dan Kepala Dinas Tata Ruang Pemukiman dan Pertanahan, Mukhridal.

Selain itu tambahnya, dalam pertemuan tersebut, pihaknya memaparkan berbagai rencana dan kebutuhan pembangunan di Pesisir Selatan, diantaranya, yang sangat mendesak normalisasi Batang Tapan, dalam rangka pengendalian banjir yang setiap saat mengancam masyarakat.

Kemudian pengembangan Kawasan wisata Bahari Mandeh, yaitu pembangunan Puncak Paku, yang menjadi gaya tarik tersendiri pariwisata Pessel.

Lebih lanjut dijelaskan, pada kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan usulan rencana pembangunan PDAM Koto Pulai Kambang Kecamatan Lengayang, serta pembangunan TPA di Tapan.

“Setelah itu, kita juga mengusulkan penataan drainase dan penataan kawasan lumuh di Kota Painan. Alhamdulillah pak menteri sangat merespon usulan yang kami sampaikan,” ucap Bupati.

Lanjutnya, beliau sangat responnya, pada kesempatan itu beliau langsung memanggil direktur Cipta Karya dan Sumber Daya Air, untuk mencatat dan menindaklanjutinya.

Meskipun demikian, lanjutnya, kita menyadari jumlah usulan yang disampaikan cukup banyak, sementara kondisi keuangan negara sangat sulit.

“Tapi besarnya perhatian pak menteri dan respon beliau kita berharap pemerintah pusat bisa menindaklanjuti dengan mengucurkan program pembangunan untuk Pesisir Selatan,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, sejak dilantik sebagai Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, giat melakukan kunjungan ke Kementerian di Jakarta, hal ini dilakukan dalam rangka menggaet dana pusat untuk pembangunan di Pesisir Selatan.

Dari catatan media sejak tiga bulan terakhir setidaknya bupati sudah bertemu dengan 11 orang menteri.

Sebelumnya, Bupati Rusma Yul Anwar diantaranya sudah bertemu dengan, Menteri Pariwisata dan ekonomi Keatif, Menteri Perikanan dan Menteri perhubungan, serta Menteri Pertanian,"tutupnya.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre