Breaking News

Terkait Pelarian Tahanan di Rutan Painan dan Muara Labuah, Polsek Talamau Patroli Lapas Talu


Pasaman Barat, Figurnews.com

Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Talu memperketat pengawasan keamanan dan ketertiban dengan melakukan kegiatan Patroli titik Sambang dari Polsek Talamau, Sinergitas terkait Pelarian WBP di Rutan Painan dan Muara Labuah beberapa hari lalu.

Kepala Lapas Talu ,Donni Isa Dermawan melalui Kepala kesatuan pengamanan lembaga pemasyarakatan ( Ka KPLP ) Muhammad Faizal Martha, SH manyampaikan patroli titik Sambang dari Polsek Talamau pada Sabtu 01 Mei 2021.

"Diawali dengan Pengecekan Suhu tubuh dari kepolisian, Pengisian buku Sambang, pihak Kepolisian melaksanakan kontrol ke area blok Hunian, Selanjutnya Kepolisian memberikan arahan kepada Petugas jaga," jelasany. Minggu (2/5)

Marta mengatakan, akan terus dilakukan razia di setiap kamar hunian untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Talu

“Sesuai arahan dari atasan kita diminta meningkatan kewaspadaan keamanan di lingkungan masing-masing semenjak awal Ramadan. Dan juga kita minta bantuan terhadap mitra kerja kami yakni pihak Kepolisian maupun dari TNI nah itu sudah berjalan,” kata mengakhiri.

Sebelumnya Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat memperketat pintu keluar dari Sumbar untuk mengantisipasi 7 nara pidana dan 1 tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Solok Selatan yang kabur ke luar dari Sumbar.

Saat ini, Polda Sumbar sudah menetapkan 8 orang tersebut sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Seluruh jajaran memback up. Pintu keluar Sumbar kita awasi agar mereka tidak keluar dari Sumbar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto yang dihubungi Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Menurut Stefanus, untuk pengejaran dilakukan personel Polres Solok Selatan yang bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumbar.

Stefanus meminta mereka yang kabur agar segera menyerahkan diri dan keluarga diminta membantu pihak kepolisian untuk menangkap kembali.

"Polisi sudah datangi rumah keluarga. Kita beri pemahaman bahwa kabur dari Rutan adalah hal yang salah. Kita minta kerjasamanya," kata Stefanus

Sementara Seorang Tahanan di Rutan Kelas II B Painan, Pesisir Selatan yang berhasil kabur sudah kembali ditangkap.

Tahanan kabur yang bernama Rozi (31) dengan kasus pembunuhan akhirnya ditangkap di Pincuran Boga Painan Kecamatan IV Jurai.

Rozi merupakan narapidana kasus pembunuhan yang ditahan di rutan tersebut. Dia kabur dari rutan sejak Selasa (27/4/2021) siang.

Polisi yang melakukan pencarian akhirnya mendapatkan informasi tentang lokasi pelarian Rozi. Dia akhirnya dapat ditangkap di wilayah Pincuran Poga Painan pada Rabu (28/4) malam.

(DIF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre