Breaking News

Tim Vl Pemko Solok Menyambangi Mesjid Syura


Solok Kota, Figurnews.com

Safari Ramadhan Tim VI Pemko Solok menyambangi Masjid Syura, Kelurahan Pasar Pandan, Air Mati (PPA), Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Selasa (20/4/2021). Tim VI dipimpin oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK dengan anggota tim Kepala Dinas Perhubungan Asril, S.Sos, MM, Anggota DPRD Kota Solok dari Fraksi Golkar Andi Marianto, ST, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kota Solok Edityawarman Dt Rajo Alam, Staf Bagian Kesra Yusrizal, serta mubaligh Firdaus Fuad.

Dalam Safari Ramadhan tersebut, Kapolres AKBP Ferry Suwandi, S.IK juga membawa serta Kapolsek Kota Solok AKP Isburman, SH, Kasat Binmas AKP Laydi, SH, Kasat Intelkam Iptu Jufrinaldi, SH, serta Bhabin Kamtibmas Bripka Edwardo, SH.

Dalam arahannya, AKBP Ferry Suwandi, S.IK menyatakan pihaknya secara pribadi dan institusi mengucapkan rasa syukur karena di tahun ini, Pemko Solok kembali melaksanakan Safari Ramadhan. Sebelumnya, pada 2020 lalu, tidak ada kunjungan Tim Safari Ramadhan karena adanya pandemi Covid-19. Meski begitu, Ferry menegaskan pelaksanaan ibadah Ramadhan diharapkan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

"Perlu kita ingat, saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Meski vaksin sudah disebar, bukan berarti kebal, karena tetap bisa positif Covid-19. Karena itu, kita harapkan masyarakat untuk senantiasa pakai masker, menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan," ungkapnya.

Ferry Suwandi juga menegaskan bahwa mulai tanggal 20 April ini, pemerintah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro (PKMBM). Yakni dengan sejumlah upaya menekan penyebaran virus corona, dengan cara  menghindari kerumunan, menjaga jarak dan memakai masker.

AKBP Ferry Suwandi juga mengajak para jamaah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap meningkatnya kriminalitas. Terutama dengan merosotnya perekonomian global saat ini.

"Saat PSBB 2020 lalu, kondisi kriminalitas tergolong rendah. Namun, dengan kondisi saat ini, yang terbilang sudah normal, potensi dan intensitas kriminalitas justru makin meningkat. Sejumlah kejadian seperti perampasan, pencurian dan kriminalitas lainnya menunjukkan peningkatan. Karena itu, masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. Yakni dengan tidak memberikan peluang dan kesempatan terjadinya aksi kriminal. Seperti kata 'Bang Napi': Kejahatan terjadi tidak hanya karena niat pelaku, tapi juga kesempatan," ungkapnya.

Kapolres Ferry juga mengingatkan agar para orang tua mengingat anak-anak dan keluarga lainnya untuk cerdas bermedia sosial. Hal ini menurutnya agar terkait adanya undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Seperti tidak berkomentar terkait SARA.

"Jangan keluarga kita menjadi korban pidana, bahkan pelaku pidana," ujarnya.

Ferry juga mengingatkan tentang bahaya peredaran Narkoba. Menurutnya, kejahatan Narkoba telah merambah seluruh aspek dan seluruh kalangan. Bahkan, menurutnya personel kepolisian juga terdampak.

"Dalam setahun belakangan, setidaknya ada 25 orang personel kepolisian di jajaran Polda Sumbar yang dipecat karena terlibat Narkoba. Termasuk satu personel jajaran Polres Solok Kota. Bahkan, saat ini, ada dua personel Polres Solok yang sedang diperiksa khusus terkait keterlibatan Narkoba ini," ujarnya.

Ferry Suwandi juga menyatakan Safari Ramadhan tersebut ditujukan untuk meningkatkan silaturahim antara Pemko Solok, Forkopimda dengan masyarakat. Yakni dengan berdialog langsung dengan jamaah. Serta penyampaian program strategis, demi mewujudkan visi Kota Beras Serambi Madinah yang Maju dan Diberkahi.

"Karena itu, dibutuhkan Sinergitas seluruh masyarakat Kota Solok. Yakni dengan berperan aktif dalam pembangunan. Sehingga tercipta baldatun thoyyibatun warabbun gafur," ungkapnya.

Sebagai salah satu elemen Forkopimda Kota Solok, Ferry Suwandi juga menyatakan Pemko Solok saat ini sedang melaksanakan sejumlah pembangunan proyek strategis. Seperti RSUD Kota Solok, Stadion Sepakbola, Jalan Lingkar Utara, Wisata Pulau Belibis, Agrowisata Payo dan sejumlah infrastruktur lainnya.

"Sesuai dengan visi misi Pemko Solok untuk mewujudkan Solok Madani, sejumlah upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat terus digenjot. Di antaranya dengan konsep peningkatan kesejahteraan berbasis masjid, serta pengembangan sektor strategis," ujarnya.  

Dalam kesempatan itu, AKBP Ferry Suwandi juga mengimbau jamaah untuk meningkatkan kewaspadaan Kamtibmas. Di antaranya dengan waspada saat meninggalkan rumah. Mematikan kompor dan perangkat elektronik yang berpotensi menyebabkan kebakaran. Serta menciptakan suasana beribadah yang nyaman, dengan menjaga agar tidak ada bunyi petasan dan suara-suara yang mengganggu ibadah.

"Kami juga mengingatkan agar masyarakat bisa waspada pada tindak kriminalitas yang intensitasnya meningkat beberapa waktu belakangan. Seperti jambret perhiasan, handphone, dan lainnya. Mari kita sama-sama menjaga Kamtibmas dan melewati bulan Ramadhan ini dengan nyaman dan khusyuk," ungkapnya. (Ayu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre