Breaking News


 

Puasa Sehat dan Chat Dokter Hemat dari ALODOKTER & ShopeePay Kolaborasi, Ini Digelar Guna Dukung Masyarakat Indonesia Menjalankan Ibadah Puasa dan Merayakan Ramadan Dengan Lancar Serta Tubuh Sehat Secara Maksimal


Jakarta, Figurnews.com
 
Jakarta, Rabu 14 April 2021, Memasuki perayaan Ramadan tahun kedua di tengah pandemi, ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, untuk meluncurkan kampanye Puasa Sehat, Chat Dokter Hemat. Melalui kampanye ini, ALODOKTER bersama ShopeePay berharap dapat meningkatkan kesiagaan masyarakat melalui kemudahan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional dimanapun dan kapanpun. Kolaborasi ini memberikan keuntungan lebih yaitu berupa cashback 100% ShopeePay untuk chat dengan dokter dari tanggal 15 hingga 24 April 2021.

“Masyarakat Indonesia percaya bahwa puasa sehat adalah kunci dari ibadah Ramadan yang optimal, karena dengan tubuh yang kuat maka aktivitas apapun bisa dijalankan dengan maksimal. Hal ini tercermin dari peningkatan yang signifikan pada angka jumlah pengguna fitur chat dokter kami di bulan Ramadan. Mayoritas berkonsultasi tentang tips menjalankan puasa apabila mereka memiliki kondisi kesehatan tertentu ataupun diet sehat saat berpuasa. Memahami tingginya kebutuhan masyarakat terhadap layanan konsultasi kesehatan digital di bulan Ramadan, ALODOKTER ingin memastikan agar masyarakat selalu terhubung dengan para ahlinya, yaitu dokter-dokter di ALODOKTER dan menunaikan ibadahnya secara penuh,” jelas Suci Arumsari, Presiden Direktur ALODOKTER.

Ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19 merupakan sebuah tantangan bagi setiap orang. Selain harus menahan lapar lebih dari 12 jam lamanya, mereka juga dituntut untuk selalu bisa menjaga kesehatan agar tidak mudah tertular virus Corona. Meski demikian, Ramadan tetap bisa dilalui dengan hikmat, apalagi jika menerapkan tips-tips sehat dan produktif di bawah ini:

1. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan
Agar tidak kekurangan energi serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa, mengonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka menjadi hal yang sangat penting. Lengkapilah menu sahur dan buka puasa dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, tetap minum air putih yang cukup, mulai dari berbuka puasa hingga sebelum sahur, agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji (fast food), gorengan, dan makanan yang banyak mengandung gula. Kurangi juga konsumsi minuman yang manis serta minuman berkafein, seperti teh dan kopi, karena dapat memicu dehidrasi.

2. Tetap aktif dan rutin berolahraga
Wajar bila merasa lebih lemas dan lesu ketika berpuasa, namun tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari, tetapi harus tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin. Lakukanlah olahraga 3–5 kali seminggu dengan durasi 15–30 menit. Pilih olahraga yang ringan dan tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat, misalnya sit-up, yoga dengan gerakan yang santai, atau angkat beban ringan di rumah. Bisa juga berjalan santai di sekitar perumahan sambil tetap terapkan physical distancing alias menjaga jarak dengan orang lain paling tidak 1–2 meter.

3. Istirahat yang cukup
Selama bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang bangun dini hari untuk melakukan salat atau bangun awal untuk menyiapkan sahur, karena itu waktu tidur harus dijaga dan diperhatikan. Cukup atau tidaknya waktu tidur dan istirahat sangat berpengaruh pada imunitas tubuh, dan kurang tidur bisa mengakibatkan lebih mudah terinfeksi kuman penyakit, termasuk virus Corona. Ganti waktu tidur malam yang kurang dengan tidur siang atau tidur lebih awal di malam hari.

4. Jalani ibadah di rumah
Ramadan memang erat dengan ibadah bersama di masjid. Tetap menerapkan physical distancing bagi yang pergi ke masjid. Bagi yang ingin beribadah di rumah, tetap bisa melakukan ibadah salat tarawih berjamaah dengan keluarga dan juga bisa mengaji dan mendengarkan ceramah dari TV atau radio bersama-sama.

5. Silaturahmi dengan cara lain
Bulan puasa juga merupakan momen yang tak lepas dari kegiatan silaturahmi. Namun, di tengah merebaknya virus Corona seperti sekarang, lebih baik menunda dulu berkumpul dengan sanak saudara atau kerabat secara langsung untuk mengurangi risiko penyebaran virus ini. Kita bisa memanfaatkan telepon, gadget, dan koneksi internet, untuk bersilaturahmi dengan keluarga tanpa membuat orang lain maupun diri sendiri berisiko terpapar virus Corona. 

6. Tetap lakukan vaksinasi
Walau sedang berpuasa, pemberian vaksin COVID-19 tetap harus dijalankan. Tujuannya adalah untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, sehingga rantai penularan virus Corona bisa terputus secepatnya. Mengingat tahap kedua vaksinasi sudah berjalan, tahap ketiga vaksinasi untuk masyarakat umum kemungkinan akan segera dimulai dan mungkin saja pada bulan Ramadan. Melakukan vaksinasi saat berpuasa tidak akan membatalkan puasa. 

7. Urungkan niat untuk mudik
Mengurungkan niat untuk mudik tidak akan mengurangi kesucian bulan penuh berkah ini, alih-alih menjadi perbuatan yang baik karena melindungi keluarga dan orang lain dari risiko terinfeksi virus Corona. Selain mencegah wabah COVID-19 di Indonesia semakin meluas, juga bisa berhemat karena ongkos mudik bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau mungkin bersedekah kepada orang-orang yang terkena dampak dari wabah ini. 

Terapkan pola hidup sehat dan terus patuhi protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) agar ibadah Ramadan tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Apabila kondisi medis atau penyakit tertentu muncul saat berpuasa, jangan ragu untuk melakukan konsultasi secara online bersama tenaga kesehatan profesional, yakni dokter umum, psikolog, dokter gigi, dan dokter spesialis yang lengkap di ALODOKTER dengan menggunakan voucher promo cashback ShopeePay 100% yang dapat diperoleh di ‘Deals Sekitarmu’ di aplikasi Shopee. Selain itu, masyarakat juga dapat mengikuti flash sale spesial voucher promo ALODOKTER seharga Rp1 pada tanggal 22 hingga 24 April. 


###

Tentang ALODOKTER
ALODOKTER adalah platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 26 juta pengguna aktif setiap bulannya, serta lebih dari 30 ribu dokter yang bergabung. Sejak tahun 2014, ALODOKTER telah unggul dalam menyediakan informasi kesehatan yang akurat, mudah dipahami, dan dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja dengan menyediakan 5 fitur utama yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan terbaik terkait kesehatan, baik secara pribadi maupun keluarga, yaitu: chat bersama dokter, buat janji konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, artikel kesehatan terlengkap dalam bahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Proteksi ALODOKTER.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Welisha Drieno
Partnership Marketing Manager – ALODOKTER
marketing.partnership@alodokter.com 

Tentang ShopeePay
ShopeePay merupakan fitur uang elektronik terintegrasi yang menawarkan kemudahan akses untuk layanan pembayaran digital. Diluncurkan pada tahun 2015, ShopeePay menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah dengan memungkinkan pengguna melakukan pembayaran online di Shopee, bertransaksi secara offline di ratusan ribu merchant kami, serta mengisi saldo, transfer dan tarik tunai.

ShopeePay memudahkan transaksi untuk berbelanja dan menjalankan usaha. ShopeePay menyediakan pilihan pembayaran yang mudah, aman, dan memuaskan; juga memberdayakan usaha merchant dan membantu pelaku usaha dalam membuka peluang bisnis yang lebih luas.

ShopeePay merupakan bagian dari SeaMoney, layanan finansial digital milik Sea Group. Sebagai penyedia pembayaran digital dan layanan keuangan terdepan di Asia Tenggara, misi SeaMoney adalah membuat kehidupan lebih baik bagi individu dan usaha di Asia Tenggara dengan layanan keuangan melalui teknologi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ShopeePay dan SeaMoney, silakan mengunjungi https://www.seamoney.com.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Ferdyana Lie
Public Relations Lead | ShopeePay 
media.id@shopeepay.com


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre