Breaking News

loading...


PPG Tahfidz Tanah Datar Tuai Hasil 20 Mahasantrinya Diwisuda


Tanah Datar, Figurnews.com

Program Pendidikan Guru Tahfidz (PPG) yang dicanangkan oleh Pemerintah Tanah Datar menuai hasil. Ini dibuktikan dengan dilantiknya 20 orang mahasantri yang telah mengikuti program tersebut di Kampus IAIN Batusangkar, Rabu kemaren.

"Ini adalah buah hasil dari kerja keras dari semua pihak untuk menciptakan guru Tahfidz yang kompeten, agar melahirkan Hafidz dan Hafidzah yang berkualitas, ucap pembina Rumah Tahfizd Tanah Datar H. Afrizon S.Ag, Kamis (8/4/2021) di Batusangkar.

"Program ini telah dimulai pada Bulan November lalu, dengan mengambil 20 orang mahasiswa IAIN Batusangkar yang berdomisili di Kabupaten Tanah Datar. Selanjutnya mereka kita asramakan selama 6 bulan dengan materi ilmu Quran, Ilmu Pendidikan serta manajemen dengan 40 kalipertemuan," tuturnya.

Hal ini tambahnya tentu tidak terlepas dari peran IAIN Batusangkar dan Yayasan Hj. Syarifah Ghani yang telah mensupport program ini sehingga menghasilkan guru Tahfidz yang profesional.

Ketua PPG Tahfizh sekaligus Kabag Kesra Setda Tanah Datar H. Afrizon menambahkan, Perkembangan Rumah Tahfizh di Tanah Datar sangat pesat. Awalnya hanya 6 buah rumah tahfidz, kemudian berkembang sampai tahun 2021.

"Saat ini sudah terdaftar di Bagian Kesra 239 rumah tahfidz dengan jumlah santri sebanyak 9372 orang. Jumlah sebanyak itu hanya dibina oleh guru Tahfidz dengan dengan semangat secara mandiri," ucapnya.

Untuk memenuhi kekurangan tersebut, pihaknya bersama instansi serta tokoh, berusaha mencarikan solusinya dan disepakatilah satu program yaitu, pelatihan profesional guru Tahfidz yang telah menghasilkan 20 orang lulusan.

"Awalnya memang tidak mudah dan penuh keterbatasan, namun semua itu tertutupi oleh bantuan yayasan Hj Syarifah Gani dan IAIN Batusangkar," tutupnya. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre