Breaking News

Pemerintah Nagari Durian Tinggi Serahkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) Dana Desa Tahap I Tahun 2021



Pasaman (Sumbar) Figurnews.com 

Pemerintah Nagari Durian Tinggi Telah Melaksanakan Penyerahan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) Dana Desa Tahap I Tahun 2021 Kepada 183 Keluarga Penenerima Manfaat BLT-DD, yang sudah diverifikasi dan Memenuhi Syarat sesuai dengan Hasil Musyawarah Khusus Nagari Durian Tinggi.

Penyerahan  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp. 300.000,- per KPM secara Simbolis langsung diserahkan oleh Wali Nagari Durian Tinggi Richa Afandy S, didampingi pihak Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping, Bamus Nagari Durian Tinggi, P3MD, Sekretaris Nagari Ekie Noprismond, Kasi Pemerintahan Fitri Susanti, Kasi Kesejahteraan Suci Febriyanti Winata, Kasi Pelayanan Erna Zulfitri, Kaur Keuangan Ade Kurnia, Kaur TU dan Umum Rossy, Kaur Perencanaan Andika Penofiandri, serta Babinsa dan Bhabhinkamtibmas dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan ( Memakai Masker, Mencuci tangan dan menjaga Jarak ) di Aula Kantor Wali Nagari Durian Tinggi, Rabu (21/04/2021).


Penyerahan BLT-DD ini langsung dihadiri oleh TA TPP Kemendesa diantaranya Fety Anggreini Dewi, Ulil Amri, Kasmadi, ZFadhli, Dodi Ikhsan dan Erwin Sukma, serta Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan dihadiri juga oleh seluruh kepala Jorong dintaranya Kajor Kampng Rapak, Durian Tinggi, Cubadak Gadang, Kapalo Koto, Kampung Taji, Kampung Lintang, Tampang dan Kampung Lua yang setia mendampingi masyarakatnya.  

Richa Afandy S saat ditemui awak media mengatakan bahwa penyerahan BLT Dana Desa ini melalui hasil Musyawarah Nagari yang telah disepakati   daftar keluarga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dan diperkuat diperkuatnya dengan Peraturan Nagari Durian Tinggi Nomor : 01 Tahun 2021 Tentang Kriteria Penetapan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Penyerahan BLT-DD ini merupakan Dampak   pandemi   Covid-19   merupakan program kementrian Desa sesuai permendes 13/2020 yang diperkuat dengan cara, jumlah dan kriteria penganggaran BLT DD ini dengan PMK no 222/2020 dan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor : 146 / HUK / 2013 tentang Penetapan Kriteria dan Pendataan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu, Apabila tidak ditemukannya kriteria yang dimaksud, maka Keluarga   terdampak   pandemi   Covid-19   yang   akan   menjadi   sasaran penyaluran BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2021 terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dengan kriteria tertentu yang ditetapkankan melalui Musyawarah Khusus di kenagarian ungkap Richa.

Adapun kriterianya adalah keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum  terdata  menerima  Program  Keluarga  Harapan  (PKH),  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT Pusat dan program jaring pengaman sosial lainnya, mempunyai     anggota     keluarga     yang     rentan     sakit     menahun/ kronis/penyandang disabilitas, Janda/ lansia kurang mampu, sedangkan Keluarga  penerima  manfaat  BLT  Dana  Desa  diprioritaskan  warga  Nagari Durian Tinggi Tambahnya.

Pemerintah Nagari Durian Tinggi berharap BLT-DD ini benar – benar bermanfaat dan mampu meringankan beban hidup ataupun untuk biaya berobat. Dan Pemerintah Nagari Durian Tinggi juga berharap semoga Pandemi COVID-19 ini segera berakhir, tutup wali Richa Afandy S.(Erik Takana)

 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre