Breaking News

Pasaman Barat Zona Kuning Peringkat Teratas se Sumbar Penanganan Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pasaman Barat, Jhon Hardi,SKM

Pasaman Barat, Figurnews.com

Sesuai indikator kesehatan masyarakat, Kabupaten Pasaman barat menjadi yang terbaik minggu ini dengan skor tertinggi 2,59. mencatatkan skor terbaik dalam penanganan covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pasaman Barat, Jhon Hardi,SKM menyatakan, wilayah Pasbar kini telah memasuki zona kuning atau risiko sedang penyebaran Covid-19. Zona kuning dicapai Pasbar seiring terus menurunnya angka kasus dan meningkatkan angka kesembuhan Covid-19.

"Iya benar, pada minggu lalu Pasbar di peringkat 3 besar, pada minggu ini Pasbar menjadi pemuncak dalam penanganan covid19 di Propinsi Sumatera Barat. Kita bersyukur, mudah-mudahan terus dalam tren yang bagus," katanya," katanya, Senin Sore (5/4).

dr. Gina Alecia, M. Kes, Jubir Covid-19 Pasaman Barat

Jhon Hardi menuturkan, berkurangnya pasien terkonfirmasi positif di Pasbar karena kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, ditambah gencarnya program vaksinasi dari pemerintah ke semua elemen masyarakat.

Ia menambahkan " Kegiatan vaksinasi Covid-19 terus dilaksanakan pada hari Sabtu 3 April 2021 kemarin kegiatan Vaksinasi di Puskesmas Sukamenanti dan Senin di Puskesmas Simpang Empat,".


Ia berharap, zona kuning terus berlanjut dengan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, hingga Gresik bisa menuju zona hijau.

Kondisi ini menurutnya, harus terus ditingkatkan lagi dari segi penanganan dan dilakukan secara efektif dan partisipatif.

" Walaupun Pasaman Barat daerah zona kuning kita memotivasi Masyarakat menjalankan perilaku New normal. Semoga kedepannya Pasbar bisa cepat masuk ke zona hijau," harapnya.


Sementara dr. Gina Alecia, M. Kes, Jubir Covid-19 Pasaman Barat, atas nama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Pasaman Barat menginformasikan kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat, berdasarkan informasi dari Laboratorium FK. Unand
Hari ini 05 April 2021. 1 orang meninggal dunia Covid-19.

"Satu orang warga Sukamenanti Kecamatan. Pasaman terkonfirmasi Positif Covid-19. Total kasus 646, sembuh 581 orang, meninggal 38, dikarantina atau rawat 27 orang," jelas Gina.

Merujuk Update Zonasi Kabupaten Kota di Sumatera Barat Minggu ke 56 Pandemi Covid-19 (Periode 4 April 2021 - 10 April 2021).


Jasman Rizal, Dt. Bandaro Bendang Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar menjabarkan hasil  covid-19 di Sumatera Barat oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, maka mulai tanggal  4 April 2021 sampai tanggal 10 April 2021, ditetapkan zona daerah sebagai berikut:

 ZONA ORANYE - RESIKO SEDANG (Skor 1,81 - 2,40)

1. Kota Sawahlunto (skor 2,39)
2. Kabupaten Pesisir Selatan (skor 2,39)
3. Kota Pariaman (skor 2,38)
4. Kabupaten Padang Pariaman (skor 2,35)
5. Kota Solok (skor 2,33)
6. Kabupaten Pasaman (skor 2,31)
7. Kabupaten Tanah Datar (skor 2,29)
8. Kabupaten Limapuluh Kota (skor 2,20)
9. Kabupaten Agam (skor 2,20)
10. Kabupaten Sijunjung (skor 2,09)
11. Kabupaten Solok (skor 2,04)


Pada minggu ke 56 pandemi covid-19 di Sumbar, terdapat  11 (sebelas) daerah Kabupaten Kota di Sumbar yang berada pada zona Oranye. Meningkat dari minggu sebelumnya dari 9 ke 11 daerah.

Yang paling rendah skornya pada minggu ini adalah Kabupaten Solok. Kabupaten Solok telah hampir 3 bulan berturut-turut berada pada posisi terburuk dalam penanganan covid-19. Kabupaten Solok perlu mendapat perhatian serius, karena pertambahan positif dan tingkat kesembuhan warganya yang terpapar covid-19 sangat rendah.

Kota Pariaman minggu sebelumnya mempunyai skor terbaik di zona kuning, secara mengejutkan saat ini masuk ke zonasi oranye.


Sementara ZONA KUNING - RESIKO RENDAH (Skor 2,41 - 3,0)

1. Kabupaten Pasaman Barat (skor 2,59)

2. Kota Payakumbuh (skor 2,54)

3. Kota Bukittinggi (skor 2,50)

4. Kabupaten Kepulauan Mentawai (skor 2,49)

5. Kota Padang Panjang (skor 2,45)

6. Kota Padang (skor 2,44)

7. Kabupaten Solok Selatan (skor 2,41)

8. Kabupaten Dharmasraya (skor 2,41)

Kabupaten Pasaman barat menjadi yang terbaik minggu ini dengan skor tertinggi 2,59. mencatatkan skor terbaik dalam penanganan covid-19 (sesuai indikator kesehatan masyarakat)

Berdasarkan data tersebut di atas, pada minggu ke-56 pandemi covid-19 di Sumatera Barat, tidak ada daerah dengan zonasi merah dan hijau.

Semakin tinggi skor, semakin baik pengendalian penyebaran covid-19 di daerah tersebut
 
Secara umum, Pada Minggu ke-56 ini, Provinsi Sumatera Barat berada pada Zona Oranye (Resiko Rendah) dengan skor IKM 2.36

Secara Keseluruhan, Kasus Covid-19 DI Sumatera Barat pada minggu Ke 56 meningkat.

Ini perlu perhatian serius semua SATGAS kabupaten dan kota. kecenderungan kasus meningkat ini akan semakin mengkhawatirkan, karena pengawasan terhadap orang datang di bandara serta perbatasan sudah sangat longgar. Penerapan protokol kesehatan yang mengacu kepada perda nomor 6 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan baru juga telah sangat longgar," tegas Jasman

Dengan telah ditetapkannya status zonasi daerah pada minggu ke-56 ini, diminta Kabupaten Kota segera menyesuaikan segala aktivitas di daerahnya dengan protokol masing-masing zona. Hal ini bertujuan agar penyebaran covid-19 dapat lebih bisa dikendalikan.

Tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Semoga wabah pandemi covid-19 segera berakhir. Aamiin.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre