Breaking News

Ny. Lise Eka Putra; Bundo Kanduang Adalah Ibu Sejati


Tanah Datar, Figurnews.com

Bundo Kanduang merupakan satu-satunya organisasi kemasyarakatan perempuan untuk hukum adat Minangkabau yang menganut sistem kekerabatan matrilinial sekaligus menjadi mitra pemerintah daerah mewujudkan Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera berlandaskan ABS SBK.

Hal itu disampaikan Ny. Lise Eka Putra dihadapan Bundo Kanduang se Kabupaten Tanah, Kamis (22/04/2021). Lebih lanjut Lise katakan, kemajuan zaman dan arus globalisasi membuat tugas dan beban kerja bundo kanduang di tengah masyarakat semakin berat,

"Selain itu dituntut untuk memperkuat peran dalam membentengi anak sekaligus memelihara adat dan budaya minangkabau, salah satunya dengan mendekatkan diri kepada Allah," ucapnya.

Selain itu, Ny. Lise sampaikan, sebagai pengurus Bundo Kanduang tentu mempunyai tugas berat yang telah menantinya,

"Berdasarkan sumpah yang telah diikrarkan, bahwa Bundo Kanduang harus bisa menegakkan adat di dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.

Ny. Lise juga berharap Bundo Kanduang dapat mengantisipasi masalah kenakalan remaja yang terjadi saat ini, karena memang dimulai dari Bundo Kanduang lah pendidikan karakter usia dini dimulai.

“Bundo Kanduang secara harfiah mempunyai arti Ibu sejati, banyak peran penting yang menjadi tanggung jawab Bundo Kanduang, ia juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pelestarian budaya Minangkabau,".

Ny. Lise berharap Bundo Kanduang di Luhak Nan Tuo Tanah Datar, akan menjadi suri tauladan dan membawa manfaat dalam keluarga dan masyarakat. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre