Breaking News

MUI Tanah Datar Larang Masyarakat Meminta Sumbangan di Jalan Raya


Tanah Datar, Figurnews.com

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanah Datar melarang masyarakat untuk meminta sumbangan dijalan.

Hal tersebut berpotensi mendatangkan bahaya dan mudharat bagi diri sendiri dan orang lain.

Himbauan ini disampaikan MUI Tanah Datar melalui rilisnya yang disampaikan oleh Sekretarisnya, H. Afrizon, S.Ag, Sabtu (24/4/2021).

Menurut MUI, para ulama menetapkan ada lima (5) tujuan pokok syariat Islam diturunkan (maqashid syari'ah). Maksud atau tujuan yang pertama dan paling utama adalah MENJAGA JIWA (حفظ النفس). Maka seorang muslim diwajibkan menjaga diri dan jiwanya dari segala sesuatu yang akan membahayakan, kecuali sesuatu yang diperintahkan oleh Islam seperti jihad, membela diri dan sebagainya.

Setelah mengamati praktik meminta sumbangan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat, terutama pemuda dan remaja, di tengah jalan raya, dimana hal tersebut dapat membahayakan keselamatan diri mereka serta mengganggu kelancaran lalu lintas, maka dengan ini MUI Tanah Datar menyampaikan Taushiah dan Himbauan sebagai berikut :

1. Menghimbau masyarakat, khususnya pemuda dan remaja untuk TIDAK MEMINTA SUMBANGAN DI TENGAH JALAN RAYA.

2. Menghimbau Pengurus Masjid/Mushalla untuk tidak mengizinkan praktik meminta sumbangan di jalan raya, dan menegur mereka yang melakukannya.

3. Menghimbau segenap masyarakat, khususnya tokoh-tokoh masyarakat ; alim ulama, niniak mamak, dan cadiak pandai untuk mengingatkan anak kemenakan kita yang melakukan hal itu untuk meninggalkanya demi kebaikan diri mereka.

Demikianlah Taushiah dan Himbauan ini disampaikan semoga dapat diindahkan demi kebaikan kita bersama.

Ketua Bidang Hukum dan Fatwa;
H. Yendri Junaidi, Lc.MA.
Ketua Umum:
Drs. H. Masnefi, MS.
Sekretaris Umum:
H. Afrizon, S.Ag. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre