Breaking News

Mari Bangun Payakumbuh, Mari Bekerja, Kurangi Bicara Omong Kosong


Payakumbuh(Sumbar), Figurnews.com

Wali Kota Riza Falepi dikenal selama ini adalah seorang tipe pekerja keras,buah kerja kerasnya itu dengan sudah sama-sama dirasakan oleh masyarakat,malah sebagian masyarakat meragukan apakah kenerja pelanjut beliau nanti bisa lebih baik dari yang sekarang atau sekurangnya sama dengan yang sekarang.

Walaupun masa jabatannya akan berakhir tahun depan, namun di saat-saat akhir masa jabatannya, Riza masih sering turun ke lapangan, salah satunya turun ke petani dalam rangka mensosialisasikan pupuk pengganti urea yang susah dicari di pasaran, di Padang Tangah Payobadar, Selasa (27/04/2021).

Walaupun ada pupuk subsidi, itu tidak cukup, bahkan sering hilang nggak tentu ujung rimbanya.Lama bekerja mencari alternatif pupuk pengganti ke luar daerah, akhirnya Riza menemukan sejenis pupuk cair yang bisa meningkatkan produksi menjadi 8-12 ton/ha, dibandingkan dengan pupuk subsidi yang selama ini hanya 5-6 ton/ha,umur padi juga bisa lebih pendek sehingga mampu berproduksi 3-4 kali dalam satu tahun.

Ketika ditanya lebih jauh oleh media mengapa kerja seperti ini tak banyak terekspose, Riza menjawab simpel."Kurangilah bicara, banyak bekerja, bangun kegiatan yang produktif untuk kemakmuran dan kesejahteraan kita bersama," ujar Riza, Rabu (28/04/2021)

Selanjutnya,untuk masyarakat agar mengabaikan polemik eks Kantor Bupati dan bangunlah Payakumbuh dengan cara-cara berbeda, karena selama ini pembangunan yang ada sangat tergantung pemda dan itu sangat lama akibat anggaran yang minim,lanjut Riza.

Sedangkan,daerah-daerah yang lebih maju atau negara yang lebih maju, peran membangun lebih besar ada pada pihak swasta dan BUMN. Mereka bahkan memiliki porsi kontribusi membangun sekitar 80 persen dari total dana pembangunan tiap tahun, sementara pemerintah hanya sekitar 20 persen.

"Bisa dibayangkan pihak swasta dan masyarakatnya sangat produktif. Mengapa demikian? Karena mereka sangat inovatif sehingga mampu melahirkan produk produk bernilai tinggi,dan hal itu rata-rata berorientasi pemasaran ke luar daerah kita atau bahkan ekspor karena memang di luar sana yang banyak pasarnya. Tinggal kita berpikir demikian"terang Riza.

Hal ini sudah lama menjadi pemikiran saya,saya memimpikan Payakumbuh yang maju, didatangi banyak orang untuk berbisnis, penuh inovasi dan sumber inspirasi bagi daerah lain.Bagi sata apa yang diraih Payakumbuh selama ini walaupun cukup baik, tapi belum memuaskan sama sekali,ujar Riza.

"Maka,perlu dipikirkan sumber-sumber keunggulan (competitive advantage) Payakumbuh yang akan menjadi cash cow atau sumber pertumbuhan tinggi kota sehingga dengan gamblang nampak kesejahteraan itu di Payakumbuh, dan itu digarapkan sustainable atau berkelanjutan.Dibutuhkan kerja keras, daya inovasi dan kerja cerdas dari warga Payakumbuh agar kita bisa maju.Berikanlah kontribusi terbaik anda untuk Payakumbuh," ajak Riza. (FN054)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre