Breaking News

loading...


Legislator Tanah Datar Minta Pemerintah Daerah Gunakan Sistem SIPD Dalam Perencanaan Pembangunan


Tanah Datar, Figurnews.com

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra mengatakan, seluruh perencanaan pembangunan harus sudah terintegrasi sebelum dilaksanakannya musrenbang Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD).

"Artinya ke depan tidak ada istilah kegiatan yang naik dijalan," kata Anton Yondra saat menyampaikan sudut Pandang DPRD, Terhadap Musrenbang Kabupaten Tanah Datar, Rabu (7/4/2021) di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung.

Kata Anton, semua program sudah harus dilaporkan pada saat pelaksanaan musrenbang ini, dan kegiatan yang akan dibahas dengan DPRD nanti merupakan hasil dari musrenbang RKPD dan dituangkan dalam kegiatan umum anggaran.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini pemerintah juga dituntut untuk lebih memperhatikan hal-hal yang bersifat tiba-tiba seperti kejadian bencana.

"Kalau tidak nanti pemerintah daerah dianggap tidak memperhatikan masyarakat, sementara problem yang kita hadapi saat ini adalah masalah pendanaan," harapnya.

Anton Yondra juga menyebut, didalam perencanaan pembangunan kabupaten Tanah Datar, sudah harus menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

"Yang kita tahu, di daerah lain masih banyak yang belum menggunakannya, sementara dalam pelaksanaannya masih ada beberapa persoalan yang sampai sekarang belum bisa diselesaikan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa tuntaskan semua persoalan ini,” ujar Anton.

Pada kesempatan itu Anton Yondra juga menyoroti banyaknya akses jalan provinsi yang menuju kabupaten Tanah Datar yang yang saat ini kondisinya hampir 50% rusak, dan meminta pemerintah provinsi untuk memperhatikannya.

Sementara itu, Ketua Komisis II DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano menyampaikan, Tanah Datar memiliki potensi yang sangat besar di bidang pertanian, pariwisata, dan sumber daya manusia yang sangat banyak.

"Ini tentu dapat memberikan kontribusi yang sangat strategis seandainya Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mampu untuk mengakomodir semuanya," ucapnya.

Ia juga menambahkan, RKPD Kabupaten Tanah Datar tahun 2022, perlu mensinergikan dengan program provinsi. Dalam hal ini Tanah Datar harus mampu dan harus bisa mengambil kue pembangunan lebih dari visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, katanya. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre