Breaking News

Ketua MUI Sumbar : 'Posisi Ulama Harus Ditengah'


Tanah Datar, Figurnews.com

Ketua MUI Sumatera Barat Gusrizal Gazahar membuka secara resmi Musyawarah Daerah MUI Tanah Datar, Minggu (4/4/2021) bertempat di aula kantor Bupati setempat.

Dalam sambutannya, Gusrizal Gazahar menyampaikan, Islam adalah jawaban dari segala persoalan keumatan yang terjadi saat ini. Untuk itu MUI punya tanggung jawab yang besar dalam masalah ini. Karena ada sekelompok masyarakat yang ingin melepaskan diri dari Nash dan aturan Alquran.

"MUI harus bisa menempatkan diri dan mencoba mengumpulkan semua ulama agar kekuatannya semakin kuat. Dan dari situlah nanti muncul ide-ide pemikiran yang akan melahirkan ijma'," katanya.

Menjawab persoalan umat hari ini katanya, Ulama harus bersatu. Dari situlah nanti mencari solusi keumatan. Masing-masing majelis mengeluarkan potensi mereka, untuk menjawab persoalan-persoalan yang muncul terkait masalah agama.

Gusrizal menambahkan, ulama harus bisa menempatkan diri diantara kepentingan. Ulama harus pandai mendayung biduknya.

"Disuatu sisi umat perlu perlindungan. Disisi lain pemerintah juga butuh dukungan. Jadi tidak selamanya kepentingan umat dan pemerintah sejalan," pesan Gusrizal.

Posisi ulama haruslah tetap pada tugasnya dan tidak boleh berpihak kepada penguasa atau jumlah yang banyak.

"Ukuran keberpihakan ulama itu adalah Haq( Kebenaran). Posisi ulama adalah ditengah," Tegas Gusrizal.

"Tugas Ulama  adalah bersikap amanah dan berkata jujur kepada pemimpin, walaupun pahit. Menyampaikan kebenaran, walaupun belum tentu diterima," tutupnya. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre