Breaking News

 Kasad Jenderal Andika Perkasa Meresmikan Rumah Tahanan Militer Instalasi Smart Berbasis Tegnologi Canggih Pertama di Indonesia





JAKARTA - FGURNEWS.COM - Luar biasa hari ini Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan rumah tahanan militer berbasis artificial intelligence (AI). Instalasi smart berbasis teknologi canggih pertama di Indonesia ini berada di Markas Polisi Milter Kodam Jayakarta (Mapomdam Jaya), Setiabudi, Jakarta Selatan.

Hari ini merupakan kebanggaan bagi kami karena untuk pertama kalinya TNI AD memiliki smart instalasi tahanan militer,” tutur Jenderal TNI Andika Perkasa. Dijelaskannya, bahwa instalasi ini disebut smart lantaran seluruh fasilitasnya berbasis Information Communication Technologies (ICT). Selain itu, peralatan yang ada juga sudah diintegrasikan sedemikian rupa dengan artificial intelligence (AI), sehingga sangat aman dan sangat terkendali.

“Untuk pertama kalinya TNI Angkatan Darat memiliki smart instalasi tahanan militer. Smart ini karena memang berbasis ICT atau information communication technology. Sehingga semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa,” ujar Andika di Mapomdam Jaya, Jaksel, Selasa (20/4/2021).

Selain oleh KASAD, Jenderal TNI Andika Perkasa, acara yang dimulai dengan atraksi tiga anjing pintar pelacak dari POMDAM Jaya Jayakarta ini juga dihadiri oleh Danpuspom Letnan Jenderal TNI Chandra Warsenanto Sukotjo, M.Sc. serta sejumlah jajaran Perwira Tinggi Kodam

Dalam kesempatan tersebut, terlihat aksi “demo” tiga anjing pelacak dari Unit Satwa K9 melakukan penyerangan, juga memeriksa barang khususnya dalam melaksanakan tugasnya dengan melakukan pengendusan untuk mendeteksi barang-barang seperti narkoba maupun bahan peledak.






Dengan menekan Tombol Sirene Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. di dampingi Danpuspomad Letjen TNI Chandra W Sukotjo, M.Sc., Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M meresmikan dan penandatanganan Prasasti “Smart” Instalasi Tahanan Militer pertama TNI AD yang ada di komplek Markas Pomdam Jaya.

Smart Instalasi Tahanan Militer ini berbasis Information, Communication, Technology (ICT). Mungkin ini merupakan sistem instalasi sel tahanan canggih pertama di Indonesia. Semua sistem pemantauan, penjagaan dan pengawasan dikendalikan oleh teknologi canggih.

Andika menyatakan, instalasi tahanan militer ini sangat aman dan juga terkendali. Sebab menurutnya, semua aktivitas telah terprogram secara otomatis.

“Jadi tidak lagi misalnya manual penguncian kemudian nyala lampu dan semuanya. Jadi semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis,” ucapnya.

Peralatan Smart Instalasi Tahanan Militer yang berdiri di tanah seluas 1.500 meter persegi dan mampu menampung sekira 83 warga atau prajurit binaan ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa dengan Artificial Intelligence (AI), sehingga sangat aman dan sangat terkendali.

Selain itu, instalasi tahanan tersebut disebutnya lebih manusiawi. Andika menyampaikan, tak akan ada lagi perundungan yang terjadi di ruang tahanan.




“Instalasi tahanan ini lebih manusiawi. karena tidak mungkin lagi ada bullying di dalam. Segala bentuk gerakan itu ada analisisnya dan analisisnya dilakukan langsung oleh artificial intelligence, jadi sudah otomatis,” kata Andika.

Lebih lanjut, Andika berharap bisa mendapatkan satu lagi instalasi tahanan canggih seperti ini dalam hal pengadaan. Dia juga meminta Polisi Militer Kodam Jaya dapat memanfaatkan fasilitas ini.

“Jadi saya titip kepada seluruh pejabat di Polisi Militer Kodam Jaya untuk benar-benar memanfaatkan kelebihan dari instalasi tahanan militer ini karena memang inilah yang seharusnya kita miliki,” ujarnya  (DP)














Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre