Breaking News

Kepala OJK Sumbar Siap Bantu Tanah Datar Tangani Rentenir


Tanah Datar, Figurnews.com

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Barat Misran Pasaribu menyampaikan, pemberantasan rentenir harus dilakukan secara bersama-sama dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikannya saat Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Jumat (23/4/2021) di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

"Memberantas rentenir, kita harus punya peluru, dan peluru itu disediakan oleh pemerintah daerah", katanya.

Menurutnya, pemerintah daerah melakukan penyertaan modal kepada lembaga keuangan untuk dipinjamkan kepada masyarakat, lakukan edukasi dan pengawasan di lapangan.

"OJK, pemerintah daerah, lembaga keuangan termasuk Baznas serta unsur masyarakata lainnya, mari bersama-sama memberantas rentenir," ujar Misran.

Misran juga sampaikan kisah sukses daerah lain memberantas rentenir seperti di Kebumen, Purbalingga, Surakarta dan Malang.

Lebih lanjut, Misran menyampaikan dukungan dan siap membantu serta bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, dalam memaksimalkan program kerja TPAKD di Kabupaten Tanah Datar, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama kelompok dengan penghasilan rendah, dan masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan usaha.

TPAKD ini dibentuk didasari oleh keinginan negara untuk mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan ekonomi, dengan meningkatkan inklusi keuangan.

"Inklusi keuangan merupakan tersedianya akses bagi masyarakat dari lembaga keuangan untuk bantuan usaha,” jelas Misran.

Sebagai bahan perbandingan, Rakor TPAKD ini dilanjutkan  dengan mendengarkan pemaparan penerapan pemberantasan rentenir oleh kepala LKMS Mahirah Muamalah Kota Banda Aceh Teuku Hanansyah. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre