Breaking News

Kades Keramat Jaya Dampingi Exs Karyawan PT.CBS Pertanyakan Pasangon ke Disnakertrans Muba


MUBA,  FIGURNEWS.COM -- Sungguh miris  apa yang telah dirasakan oleh karyawan di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit PT.Cangkul Bumi Subur (PT.CBS). Semenjak diterbitkannya UU Cipta Kerja, setidaknya ada Empat karyawan PT.CBS dipensiunkan oleh perusahaan dengan alasan faktor usia.

Ke Empat karyawan tersebut tidak mendapatkan pasangon sepeser pun dari perusahaan yang terletak diwilayah Desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba Provinsi Sumsel, sesuai dengan UU No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Dari pantauan awak media, Senin (4/4/2021) Empat orang karyawan yang didampingi Kepala Desa Keramat Jaya Irwanto, mendatangi kantor Dinas Ketenagakerjaan kabupaten Muba di Sekayu. Dengan maksud untuk mempertanyakan perihal Pasangon mereka semasa bekerja di PT.CBS.

Setelah tiba di kantor Disnakertrans Muba, Rombongan disambut baik oleh kabid ketenagakerjaan Juanda diruang rapat Disnakertrans.

Irwanto juga  mengatakan agar pihak Disnaker dapat menyelesaikan permasalahan terkait pasangon mereka yang tidak mereka terima,”Saya berharap kepada pihak Disnaker agar dapat menyelesaikan permasalahan ini sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku,”harapnya.

Sementara ketua PUK SPSI BASARUDIN mewakili karyawan PT.CBS mempertanyakan adanya memorandum Nomor.100/HR-IR/III/2021 perihal;Pedoman Mempekerjakan Pekerja Harian Lepas Dilokasi Perkebunan.

“Hari ini memorandum dari HR jakarta sudah berlaku pada 05/04/2021, mulai berlakunya 20 hari kerja selama satu bulan untuk Pekerja Harian Lepas (PHL) dan jika karyawan tersebut kehadirannya hanya 10 hari kerja maka karyawan tersebut berganti status menjadi PKWT,”jelasnya.

Senada di tempat terpisah Imron salah satu karyawan yang dipensiunkan oleh pihak perusahaan saat diwawancarai oleh awak media ini menuturkan, kalau dirinya pensiun karena faktor lanjut usia sudah tidak layak lagi untuk bekerja.

“Ya pak" saya dipensiunkan oleh perusahaan PT.CBS karena saya sudah tua tapi saya heran kok pensiun tua hanya diberi uang tali asih saja oleh pihak perusahaan, apa memang ini sesuai aturan ketenagakerjaan. saya dan rekan-rekan mendatangi kantor disnaker agar membantu kami untuk menengahi permasalahan kamu dengan PT. CBS, “pintanya

Selanjutnya Kabid ketenagakerjaan Juanda menyampaikan kalau pihak Disnaker siap panggil pihak PT.CBS terkait pengaduan karyawan yang dipensiunkan.

“Nah, ini akan kami layangkan surat panggilan terhadap perusahaan PT.CBS terkait pengaduan karyawan ini”tegasnya.

Lanjut Juanda,” terkait info adanya karyawan yang sudah bekerja puluhan tahun tapi ingin dijadikan karyawan PKWT, saya tegaskan pihak perusahaan harus menghitung sudah berapa tahun karyawan tersebut bekerja diperusahaan dan perusahan wajib mengeluarkan Pasangon semasa karyawan tersebut menjadi pekerja harian lepas(PHL) lalu tergantung kesepakatan untuk karyawan yang akan diangkat menjadi PKWT ,”tutupnya.(Dr)

Editor posting : Darmanto

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre