Breaking News

Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) Mulai di Berlakukan di Kota Padang


Padang(Sumbar), Figurnews.com

Satu lagi kemajuan yang dilaksanakan tentang telah diberlakukan ETLE di beberapa titik Trafic Law dalam memantau pelanggaran lalu lintas. ETLE Telah di berlakukan di kota Padang, Terutama lagi sekitar lokasi pemasangan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE), mata CCTV akan merekam semua kegiatan dan pelanggaran.

Untuk di Kota Padang TMC Polresta Padang telah memasang 10 buah Kamera ETLE (Elektronik Traffic Law Enforcement) yang tersebar di 5 titik kawasan lalu lintas.

Seperti diketahui sejak 23 Maret 2021 lalu dilaunchingnya ETLE di Sumatera Barat, kepolisian Polda Sumbar langsung melakukan sosialisasi pada 24 Maret – 6 April 2021 yang lalu.

ETLE sendiri dimulai 15 April dan seterusnya, efektif diberlakukan kepada masyarakat. Dan ETLE ingin berkerja selama 24 jam dngan kamera motorik yang sangat akurat dalam pengambilan gambarnya.

Dalam hal ini, Kaur penum Bidhumas AKP Gunawan Wibisono dalam keterangan persnya di Mapolda Kamis (29/4/2021) menerangkan, dalam operasionalnya ETLE merekam semua aktivitas lalulintas di lokasi pemasangan, semua larangan dan pelanggaran bagi pengendara terekam secara otomatis. Disamping itu juga memantau kegiatan disekitarnya sekaitan tindakan pidana yang berfungsi merekam kejadiannya.

Selanjutnya, Proses dilakukan dengan cetak surat informasi pelanggaran dan diteruskan oleh petugas kemudian melakukan konfirmasi ulang dengan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pelanggar lalin melalui petugas pos.

Dikatakan, dalam surat konfirmasi tersebut juga disertakan bukti pelanggaran berupa foto kendaraan yang melanggar sekaligus aplikasi cara melakukan pembayaran.

“Bagi pelanggar akan menerima surat konfirmasi tilang serta poto alat bukti pelanggaran, di dalamnya juga berisi sebuah aplikasi yang terdapat didalamnya bagaimana cara melakukan pembayaran denda tilang dimaksud,”jelasnya.

AKP Gunawan memaparkan, Sejak dilakukan sosialisasi ETLE tersebut, sudah terjadi 900 lebih dengan berbagai macam pelanggaran, diantaranya tidak menggunakan helm, melawan arus, menggunakan hp, tidak menggunakan safety belt, melanggar rambu atau marka dan lainnya.


“Kita mengharapkan, dengan adanya pemasangan etle ini, masyarakat diminta bisa lebih patuh dan disiplin lagi dalam berkendara dalam berlalu lintas,”pungkasnya.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre