Breaking News

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Program Peningkatan Tata Guna Air Irigasi Desa Teluk Pakedai Satu


Kubu Raya, Figurnews.Com-
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Teluk Pakedai Satu Sertu Herman Ary Susanto mendampingi Kepala Desa Edy, SH. mengunjungi lokasi padat karya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigaai (P3-TGAI) Desa Teluk Pakedai Satu, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya. Rabu (28/04/2021)


Program Padat Karya tersebut adalah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun 2021 ini, pelaksanaan P3-TGAI menjangkau  lokasi Desa Teluk Pakedai Satu dengan  Titik pengerjaan 9 lokasi.

Di samping membangun Infrastruktur  seperti bendungan, Kementerian PUPR juga membangun Infrastruktur kerakyatan seperti jaringan irigasi kecil sehingga air dapat mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.


Kegiatan ini juga sebagai upaya Babinsa mendukung program ketahanan pangan Nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi,  ditengah kondisi pandemi Covid-19, Desa Teluk Pakedi Satu dengan melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun 2021.


Tujuan utama P3-TGAI di bidang sumber daya air ini adalah membangun dan memperbaiki saluran irigasi desa yang pengerjaannya dilakukan oleh petani atau penduduk setempat dengan diberikan upah sehingga menambah penghasilan. Peredaran jumlah uang di Desa diharapkan meningkat dan menjadi Stimulan pemulihan ekonomi lokal.


Babinsa Sertu Herman Ary Susanto mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari kementrian PUPR hasil aspirasi anggota DPR-RI dapil Kalbar Bapak Syarif Abdullah Alqadrie.

Untuk Desa Teluk Pakedai Satu mendapatkan bantuan 9 titik pengerjaan saluran air dan pintu irigasi tepatnya di Dusun Satu, Desa Teluk Pakedai Satu dengan ketua kelompok tani Maju Bersama Bapak M. Jais yang beranggotakan 27 orang.


Lanjut Babinsa, Program P3-TGAI merupakan ujung tombak padat karya yang programnya bersentuhan langsung dengan kelompok tani Maju Bersama sebagai pemakai air sehingga manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat.


Terkait dengan Covid-19, Sertu Herman Ary Susanto juga menegaskan, agar kegiatan ini dilakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19 dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan menyediakan tempat cuci tangan di lokasi pekerjaan nantinya“ Tegas Babinsa


(Pendim 1207/BS)

Editor;Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre