Breaking News

Bupati Eka Putra Buka Rakor TPAKD


Tanah Datar, Figurnews.com

Komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam memberantas rentenir ditindaklanjuti dengan menggelar Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Jumat (23/4/2021).

Rakor dihadiri oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Barat Misran Pasaribu, Plh. Sekretaris Daerah Edi Susanto, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, dan Kepala Perangkat Daerah yang terkait, pimpinan perbankan, Ketua BAZNAS Tanah Datar Yasmansyah serta mengikuti melalui zoom meeting, Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Direktur LKMS Mahirah Muamalah, Banda Aceh Teuku Hanansyah.

Menurut Kepala Bagian Perekonomian Setda Masni Yuletri sebagai  Ketua Pelaksana Rakor, Masni Yuletri, ada dua agenda utama rakor yaitu merumuskan langkah-langkah dalam upaya percepatan akses keuangan dengan mempermudah permodalan UMKM dan masyarakat dalam menjalankan usaha dan pemberantasan rentenir.

Disebutkannya lebih kurang ada 30 orang rentenir yang meminjamkan uang kepada masyarakat di Tanah Datar khususnya sopir angkot, pedagang di pasar dan masyarakat di nagari-nagari.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya kembali menegaskan komitmen untuk memberantas rentenir.

"Saya Eka Putra, Bupati Tanah Datar, berkomitmen untuk memberantas praktek rentenir di Kabupaten Tanah Datar," tegas Eka.

"Di Tanah Datar terdapat lebih kurang 28.800 usaha mikro, 880 pedagang di pasar Batusangkar, lebih dari 1.500 kelompok tani, dan 86 kelompok budi daya ikan. Seluruh kelompok usaha ini tentu membutuhkan akses permodalan.

Peluang inilah, yang ditangkap oleh rentenir, sehingga dapat menjadi pemasukan bagi mereka, dan masyarakat terjebak hanya dalam beban bunga sementara rentenir kaya.

Untuk itu, melalui Rakor ini, diharapkan dapat dirumuskan upaya memberantas rentenir, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat." ujar Bupati.

Sebelumnya, pemberantasan terhadap rentenir ini sudah disampaikan Bupati, saat Rapat Koordinasi dengan Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Datar, pada awal Maret lalu.(SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre