Breaking News

loading...


 Satgas Yonif PR 432, Ajari Warga Papua Budidaya Ikan Lele

JAKARTA - FIGURNEWS.COM -Manfaatkan kolam kosong yang ada di samping pos, anggota pos Bolakme Satgas Yonif PR 432/Kostrad mengisi waktu luang dengan mengisi kolam dengan bibit ikan lele sekaligus mengajarkan warga Distrik Bolakme, Kabupaten Jayawijaya, beternak ikan lele. 

"Berbekal ilmu yang didapat sebelum berangkat tugas yaitu budidaya ikan lele dalam ember (Budikdamber) bibit ikan yang sebelumnya dipelihara didalam ember dipindahkan ke kolam tanah, " ujar Dansatgas Yonif PR 432 Kostrad Mayor Inf Agus Priyo Pujo Sumedi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/3/2021).

Dijelaskannya, melalui proses penyaringan setiap dua  minggu sekali, bibit lele yang berkembang tidaklah merata sehingga bibit yang mengalami pertumbuhan lebih cepat dipisahkan ke kolam yang berbeda. Karena ikan lele adalah ikan kanibal yang sangat mungkin untuk memakan jenis nya sendiri. 

"Sebanyak 541 ekor ikan lele berhasil dipanen oleh anggota pos Bolakme yang dipimpin oleh Letda Inf Nirwan Adi Putranto bersama masyarakat bolakme setelah dipelihara 3 bulan lamanya yang memakan sekitar 80 kg pakan ikan, " jelasnya.

Sementara itu, Wes Komba (45) salah seorang warga setempat yang mengikuti pelatihan budidaya ikan lele tersebut mengajarkan, dirinya sangat senang bisa ikut ambil bagian dalam pelatihan budidaya ikan lele ini. 

"Awalnya kita isi sekitar 1500 ekor bibit ikan lele di kolam itu, tetapi karena ada sebagian besar yang lolos ke irigasi, dan ada juga yang mati karena kekurangan oksigen, alhasil panennya tidak sesuai jumlah bibit awal, tetapi kita sangat senang dengan pengalaman yang diberikan oleh bapak-bapak di pos Bolakme." ucap Wes Komba. 

Dirinya berharap, warga yang lain juga mengikuti jejaknya untuk budidaya ikan lele untuk menambah penghasilan keluarga sekaligus menjaga ketahanan pangan di daerahnya. (Dispenad) (DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre