Breaking News

loading...


Wawako Pimpin Apel Gabungan Satpol PP, Damkar, Satpam dan Linmas Se Kota Solok


Solok Kota, Figurnews.com

Wakil Wali Kota Solok Dr.Ramadhani Kirana Putra, memimpin apel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) serta Satuan Pengamanan (Satpam) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kota Solok, di Halaman Balaikota Solok, Rabu (17/3).

Turut hadir, Plt.Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Kota Solok Alkaf, beserta jajaran.

Wawako Dr.Ramadhani dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada seluruh personil Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas atas dedikasi dan loyalitas dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah dalam meningkatkan ketertiban umum, menjaga keamanan serta melindungi masyarakat.

Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas dalam melaksanakan tugasnya harus berlaku profesional, menjunjung tinggi ideologi Pancasila dan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi. Peran penting Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya.

Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Tugas pemadam kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan kebakaran.

Satuan Pengamanan (Satpam) atau security guards memiliki tugas pokok menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/ tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya dan Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan ikut memelihara ketentraman ketertiban masyarakat.

Sebuah kota atau wilayah memiliki indikator yang bagus jika tidak ada pencurian, kekerasan dan kenyamanan. Kedepan, peran keamanan dan ketertiban umum tidak boleh diremehkan. Happiness menjadi tujuan kita. Kedepan kesejahtera, bukan menjadi ukuran utama atau masalah utama, namun ukuran utamanya adalah ketentraman dan kebahagiaan.

"Pemerintah Daerah Kota Solok berkomitmen untuk meningkatkan profesionalitas kerja Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas agar lebih humanis, edukatif, tegas dan berwibawa. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk menjaga Kota Solok tetap aman dan terkendali," sebut wawako.

Beberapa waktu yang lalu, seharusnya kita semua merayakan Ulang Tahun Satpol PP, Damkar dan Linmas. Namun, hal tersebut tidak bisa kita laksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya karena kondisi kita saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Untuk itu kamu ucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 102 untuk Satuan Pemadam Kebakaran, ulang tahun yang ke 71 untuk Satuan Polisi Pamong Praja, ulang tahun ke 59 untuk Satuan Perlindungan Masyarakat dan ulang tahun yang ke 40 untuk Satuan Pengamanan. Momentum ini kita jadikan cambuk untuk bergerak lebih baik lagi. Masih banyak PR yang harus kita tuntaskan bersama," ujar Dr.Ramadhani.

Selain itu, Kami juga minta peran besar rekan-rekan untuk kembali terus mengingatkan masyarakat kita yang saat ini menurun tingkat kepeduliannya dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Mari bersama kita kembali kawal penerapan Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Apalagi sampai saat ini grafik kasus positif di Kota Solok belum menunjukkan penurunan yang signifikan," sebutnya.
 
Diharapkan, seluruh anggota Satpol PP Damkar, Satpam dan Linmas untuk terus meningkatkan profesionalisme dan semangat pengabdiannya sehingga mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar serta memiliki ketahanan dimasa pandemi Covid-19 ini, sehingga dengan demikian mampu berkontribusi positif untuk mewujudkan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah yang aman dan tentram.(Ayu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre