Breaking News

loading...


Walikota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si ; Berharapkan Agar Rumusan RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026 Sesuai Dengan Harapan


Solok Kota, Figurnews.com

“Walikota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si mengharapkan agar rumusan Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Solok tahun 2021-2026 sesuai dengan harapan,” demikian diharapkan Wako saat membuka konsultasi publik rancangan awal RPJMD kota Solok Tahun 2021-2026 pada Kamis (25/03/2021) bertempat di D’ Relazion Kota Solok.

Sebagaimana diketahui, bahwa berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional bahwa pembangunan disusun secara sistimatis, terarah, terpadu, menyeluruh dan responsif untuk menjamin pelaksanaan pembangunan yang efektif, efisien dan tepat sasaran.

Penyusunan perencanaan pembangunan daerah, dilakukan oleh pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan, berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing untuk menghasilkan perencanaan yang partisipatif dengan mengintegrasikan rencana pembangunan daerah, dengan kebutuhan masyarakat.

“Forum konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026. Agenda penting lainnya setelah Konsultasi Publik RPJMD 2021-2026 selesai dilaksanakan, yakni kesepakatan dengan DPRD tentang arah kebijakan Rancangan RPJMD, fasilitasi oleh gubernur, musrenbang penyampaian dan pembahasan Ranperda RPJMD Tahun 2021-2026 ke DPRD yang dijadwalkan pada minggu ketiga bulan Mei 2021, sebelum dilakukan evaluasi oleh Gubernur” ungkap Wako.

Forum Konsultasi Publik ini bertujuan untuk memperoleh masukan dari seluruh pemangku kepentingan untuk penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kota Solok. Diharapkan masukan dan saran yang positif dari seluruh pihak guna penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kota Solok 2021–2026.

Dinamika pembangunan daerah yang terus berubah dengan cepat menyebabkan tantangan pembangunan daerah juga semakin berat. Pertumbuhan ekonomi daerah yang cenderung melambat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran serta perbaikan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur kota yang belum tertata serta pengamalan terhadap ajaran agama dan adat budaya yang mulai luntur menjadi fokus utama perencanaan pembangunan lima tahun ke depan.

“Rumusan cita-cita pembangunan dalam bentuk rumusan visi dan misi rencana pembangunan daerah Kota Solok lima tahun kedepan. Adapun visi pembangunan kita sampai 2026 adalah, “Terwujudnya kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa yang modern”.

Adapun makna dari visi tersebut adalan Kota Solok yang “Diberkahi” adalah Kota yang masyarakatnya mengimplementasikan pengamalan syariat agama dalam semua tatanan kehidupan yang dilandasi oleh iman dan taqwa untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Kota Solok yang “Maju” adalah kota yang memiliki kondisi infrastruktur kota dan fasilitas publik yang lebih baik dalam menunjang percepatan pertumbuhan perdagangan dan jasa. Kota Solok yang “Sejahtera” adalah peningkatan standar hidup masyarakat yang makmur ditandai dengan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Untuk mewujudkan visi tersebut ada 5 misi yang dilaksanakan, yakni membangun masyarakat yang berkepribadian religius dan berbudaya melalui penguatan keimanan dan ketaqwaan serta pengembangan nilai-nilai budaya. Peningkatan perekonomian daerah yang berorientasi ekonomi kerakyatan berbasis pada potensi unggulan daerah yang berkelanjutan dan didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat dengan Meningkatkan Derajat Kesehatan, Pendidikan dan Perlindungan Sosial. Optimalisasi Penataan Ruang dan Penyediaan Infrastruktur Kota8 Berwawasan Lingkungan. Peningkatan kapasitas pemerintahan dan manajemen birokrasi yang bersih efektif dan efisien.

“Visi besar tersebut selanjutnya akan dirumuskan secara lengkap dan sistematis dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Solok Tahun 2021-2026. Tentunya, semua rumusan dan langkah strategis di atas perlu ditopang oleh kerjasama seluruh pemangku kepentingan. Jika peran serta ini terwujud, dalam 5 tahun ke depan kita semua akan dapat memfondasikan keserasian dan keteraturan pembangunan, efektivitas dan efisiensi berdasarkan masukan yang selektif, bermutu dan berintegritas untuk mencapai pembangunan yang berkualitas. Pelaksanaan Konsultasi Publik RPJMD Kota Solok Tahun 2021- 2026 ini merupakan salah satu kegiatan yang berada dalam bingkai tahapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah lima tahunan. “Sebut Wako

Hasil Konsultasi Publik RPJMD ini akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Konsultasi Publik RPJMD. Untuk itu kepada seluruh peserta untuk dapat serius dan fokus selama pelaksanaan forum konsultasi publik ini, agar dapat menghasilkan rumusan RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026 yang sesuai dengan harapan. “Kontribusi pemikiran semua pihak, kami harapkan guna memperkuat proses perencanaan Kota Solok yang lebih baik, relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat kita. “harap Wako.

Dalam konsultasi Publik menghadirkan Narasumber Ahmad Wira, M.Ag, M.Si, Ph.D, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Padang. Juga turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Solok Bayu Kharisma, Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Solok, Ketua KAN, LKAAM dan Bundo Kanduang, Ketua Organisasi Profesi dan Organisasi Kemasyarakatan, Pimpinan BUMN/BUMD.(Ayu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre