Breaking News

loading...


Tota Dina Bidan Pasir Panjang Apresiasi Para Suami Ikut Kelas Bumil


Pasaman Barat, Figurnews.com

Dimasa pandemi Covid-19, kegiatan  kelas Ibu Hamil (Bumil) di Posyandu Jorong Pasir Panjang Nagari Desa Baru Kecamatan Tanah Batahan tetap dilaksanakan. Tentu pelaksanaannya selalu memperhatikan protokol Covid-19, peserta memakai masker, dan jaga jarak. 

Menariknya, peserta kelas bumil juga diikuti suami dari istri yang sedang hamil. Para calon ayah  tersebut sangat konsentrasi mengikuti penyuluhan kelas Bumil, karena penyuluhnya bidan muda Tota Dina, dialah satu- satunya bidan desa dikampung Pasir Panjang yang terletak di ujung utara Bumi Mekar Tuah Basamo itu.

Bidan Tota Dina Mariani Panjaitan ,S.Tr.Keb yang akrap disapa Dina menyampaikan kegiatan Posyandu memuat program kelas ibu hamil (Bumil), kelas balita, kelas Lansia yang sudah dijadwalkan harinya.


Kelas kehamilan dan persalinan memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, tapi bagaimana kalau suami yang ikuti kelas tersebut?

"Kamis kemaren kita adakan kelas bumil, peserta 10 pasang suami Istri. Saya sangat apresiasi kepada bapak-bapak yang sudah ikut kelas Bumil, menandakan memberi suppor kepada Istri yang sedang hamil baik anak pertama maupun anak kedua atau berikutnya," kata Dina, Sabtu (13/3/2021)

Lebih lanjut ia menjelaskan," Kelas hamil dan persalinan justru sebaiknya juga dihadiri oleh para suami. Alasannya adalah, dengan suami menemani istri dan mengikuti kelas kehamilan bisa membantu mempersiapkan mental dan menambah pengetahuan suami,".

Selain itu, dengan suami aktif mengikuti kelas tersebut maka ini menjadi bentuk dukungan suami kepada sang istri dalam menghadapi masa hamil tua atau mendekati waktu persalinan nantinya.

Kelas hamil dan persalinan juga membantu calon ayah dan bunda dalam hal merencanakan keuangan, mengatur administrasi serta menyiapkan perencanaan yang matang soal persalinan dan masa depan keluarga.

Dengan mengikuti kelas kehamilan bersama-sama, maka ini bisa banyak membantu dari segi finansial keluarga.

"Kelas Bumil ini bagus banget, karena meski sudah pernah melahirkan terkadang bisa lupa dan ada yang terlewat soal mengatur keuangan," sebutnya.

Bidan satu anak ini yang sudah mengabdi sejak tahun 2007 tersebut menyampaikan kepada peserta kelas Bumil, hal-hal yang perlu dipersiapkan jelang persalinan dan apa saja yang diusahakan para calon ayah dan bunda, baik selama kehamilan dan jelang persalinan bayi.

"Bagi calon ayah dan bunda yang pertama kali kehamilan perlu dipersiapkan data administrasi seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, jaminan persalinan persalinan BPJS atau biaya tunai, Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Peralatan bayi, Peralatan ibu melahirkan," pesannya.

"Para calon orang tua juga menyiapkan calon pendonor darah, siapa pendamping persalinan, dimana pemilihan Falkes tempat melahirkan, dan transportasi serta  tanda- tanda bahaya pada bayi, dan cara perawatan bayi yang baru lahir," tuturnya.

Pada kelas Bumil kali ini juga memuat materi pengenalan program keluarga berencana (KB),  tanda-tanda bahaya pada jelang kelahiran, serta tanda bahaya pada masa nifas (baby blues) Penyakit Kelamin dan pengetahuan kesehatan lainnya. 

Salah seorang suami peserta Kelas Bumil Yon menyampaikan ia mendapat pengetahuan seputar hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan istrinya, persiapan persalinan, dan perawatan bayi.

"Saya dapat banyak pengetahuan tentang cara perawatan bayi, pengenalan perlengkapan bayi seperti kain bedong, ini hal yang baru saya ketahui.Kepada suami yang istrinya sedang hamil, mari ikut juga mendampingi istri mengikuti penyuluhan kelas bumil," pesannya.

Melatih suami untuk menjadi suami siaga memang harus ada cara khusus, salah satunya dengan mengikuti kelas kehamilan dan persalinan ini. Bagaimana menurut Bunda ?

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre