Breaking News

Tinjau Titik Rawan Bencana, Wagub Sumbar: Kita Prioritaskan Pasbar ke Pusat


Pasaman Barat, Figurnews 

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meninjau sejumlah titik bencana di sungai-sungai yang rawan banjir di Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut Audy kedatangan ia dan tim untuk meninjau daerah rawan bencana secara langsung di Batang Sikabau, Batang Bayang, dan Batang Batahan.

"Hasil tinjauan ini akan dirembukkan dengan gubernur. Hasilnya akan dilaporkan ke pemerintah pusat," katanya, Kamis  (11/3) saat meninjau lokasi titik rawan banjir di Pasaman Barat.

Ia mengatakan peninjauan yang dilakukanya di Sungai Batang Sikabau, Sungai Batang Bayang dan Sungai  Batang Batahan. Untuk merancang penanganan antisipasi bencana.

"Pasaman Barat akan menjadi prioritas dalam mitigasi bencana. Memang butuh anggaran ratusan miliar untuk penanganan bencana ini," katanya.

"Sungai - sungai ini kan, kerap terjadi banjir saat musim hujan. Untuk itu, harus segera ditangani sehingga masyarakat tidak terus menerus terdampak bencana," sambungnya.

Ia juga mengaku anggaran saat ini banyak mengalami rekofusing untuk penanganan penanggulangan virus Covid-19. Meski demikian untuk penanganan bencana tetap diprioritaskan. 

"Dampak banjir ini kan, selain merendam pemukiman warga juga berdampak pada hasil pertanian yang lahannya terendam banjir," terang Audy. 

Dijelaskan lebih lanjut, anggaran untuk pembangunan migitasi bencana sangat butuh Anggaran ratusan miliar. Sementara APBD yang ada tidak mencukupi untuk mengatasi masalah banjir.

Untuk itu Pemerintah Sumatera Barat  berusaha untuk mengusulkan ke pemerintah pusat untuk program  prioritas mitigasi bencana pada tahun 2022 di Pasaman Barat.

"Semoga pemerintah pusat bisa mengerti dengan kondisi masyarakat tentang dampak bencana alam ini. Semoga bisa terealisasi itu semua," jelasnya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi berharap langkah peninjauan ini menjadi langkah baru dalam pembangunan di Bumi Mekar Tuah Basamo.

"Kita berharap pemerintah provinsi bisa mengatasi masalah banjir yang kerap melanda ketika musim hujan berlangsung," harap Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre