Breaking News

loading...


Reses Dihari Libur Keagamaan, Oknum Anggota DPRD (NAZ) Diduga Melanggar Perda Adaptasi Kebiasaan Baru


Kab. Limapuluh Kota, Figurnews.com

Covid-19 atau nama lain Virus Corona yang mendunia dan sampai saat ini belum ada kepastian kapan wabah ini akan berakhir. 

Dalam mengantisipasi menularnya penyakit tersebut، pemerintah mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan, pakai masker dengan tetap jaga jarak.

Alhasil, Banyak masyarakat tanpa Masker yang terjaring petugas dalam Razia diberbagai tempat.

Kedapatan tanpa Masker dan berkerumun masyarakat dikenai denda dan ada pula dengan cara sangsi kerja sosial yang membersihkan sampah yang berserakan dan lain sebagainya.

Namun agak sedikit berbeda dengan oknum anggota DPRD Provinsi Sumbar berinisial (NAZ) yang diduga dengan sengaja berfhoto bersama masyarakat banyak tanpa mengenakan masker dan tanpa menjaga jarak.


Padahal, Menurut Perda (Peraturan Daerah) Provinsi Sumbar No 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Pasal 11 huruf (d) nomor 2 dan 4 wajib menggunakan masker dan menjaga jarak fisik (phisical distancing)

Karena oknum tersebut termasuk sebagai orang yang mengetahui dan sebagai pembuat Undang undang maka sudahlah tentu sangsinya lebih berat dari pada sebagai masyarakat biasa.

Sebab,  oknum anggota DPRD itu diduga melanggar Perda  No. 6 Tahun 2020 yang disyahkan DPRD Provinsi bersama Pemda Provinsi Sumbar dan oknum itu juga diduga telah memberikan contoh yang kurang baik bagi keselamatan masyarakat banyak.


Tak bisa dibayangkan، jika ada salah seorang warga yang mengidap gejala penyakit yang namanya Corona. Lalu berapa banyak masyarakat lain yang akan terjangkit Virus disaat acara tersebut.

Oknum anggota DPRD  Provinsi Sumbar dari Dapil Kota Payakumbuh dan Kab. Lima Puluh Kota tersebut datang kebeberapa Nagari guna melaksanakan Reses.

Reses tersebut mulai dari tanggal (10/3/2021) di Nagari Pauh Sangit, Suayan, Simpang Sugiran dan lainnya. 

Namun, ada sedikit kejanggalan saat oknum tersebut melaksanakan Reses pada hari Kamis (11/3/2021). Hari itu bertepatan dengan hari libur keagamaan (Isra' Mi'raj). 

Dengan pengumpulan masyarakat yang berlokasi di SDN 04 Nagari Sariak Laweh, MDA Nagari Sungai Balantiak, SDN 03 Suayan dan lainnya.

Padahal, menurut Pergub (Peraturan Gubernur) Nomor 64 Tahun 2017 pasal 7 ayat 3 mengatakan:

"Waktu pelaksanaan reses tidak dapat dilaksanakan pada hari libur Nasional, libur keagamaan dan hari yang diliburkan oleh Pemerintah"

Hal tersebut langsung dikonfirmasikan Media ini pada salah satu anggota DPRD Provinsi Sumbar berinisial (NZ). Yang entah kenapa beliau berada ditempat resesnya (NAZ) mengenai Reses dihari libur keagamaan, 

"Saya tidak Reses, cuma saya akan ada pertemuan dengan Kacabdin Pendidikan Provinsi Sumbar ingin melihat Sekolah SMK yang terbengkalai, jawab (NZ) saat itu.

Kenapa bapak berada ditempat reses saudari (NAZ) tanya Media ini lagi pada (NZ), lagi-lagi ( NZ) mengatakan "Saya tidak reses. Dan saya tidak menanda tangani SPJ disini, ucapnya lagi.

"Anggota DPRD boleh pergi kemana saja, ucap (NZ) melanjutkan, apalagi seluruh SMK di Sumatera Barat ini adalah di komisi saya, ucap (NZ) dari dapil Agam itu menambahkan.

Selang beberapa saat setelah konfirmasi dengan anggota DPRD tersebut, media ini pun berlalu meninggalkan lokasi tersebut.

Ditempat terpisah, Media ini mencoba konfirmasi dengan Ketua DPRD Sumbar (Supardi) melalui pesan WhatsApp (11/3/2021) dan menanyakan mengenai Pergub No 64 tahun 2017 pasal 7 ayat 3.

"Kalau ada anggota DPRD yang reses pada hari libur nasional, apa sanksinya? Tanya Figurnews pada Ketua DPRD itu "Reses tidak sah, ucap Ketua pada Figurnews.

Masih dengan ketua DPRD, Tapi khusus DPRD Prov kita jadwal hari minggu besok, ujarnya. (Dalam Jadwal 15 Maret hingga 22 Maret 2021)

Bagaimana kalau reses Tersebut dilaksanakan disekolah atau kantor  tanya media ini lagi, "diperbolehkan" jawab ketua itu lagi.

Dalam Pergub itu memang tidak disebutkan lokasi mana saja untuk tempat pertemuan dengan masyarakat dalam pelaksanaan Reses.

Cuma disitu ada Sewa Tenda, Kursi, Soundsystem.

Anggaran sewa itu dan ini kemana di SPJ kan pak? Tanya media ini pada ketua DPRD itu, 

"Bisa dipakai untuk kebersihan, kalau nggak dipakai kembali ke kas daerah, jawab ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat itu menambahkan.

Guna melengkapi sebuah pemberitaan, Figurnews juga mengkonfirmasikan dengan beberapa pertanyaan sekaitan Reses tanggal 10 dan tanggal 11 Maret pada (NAZ)  (0813 6502 XXXX) melalui pesan WhatsApp (18/3/2021).

Hingga berita ini diturunkan  (NAZ) Diam dan tak mau membalas pertanyaan yang dikirimkan media ini. (FN 053)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre