Breaking News

Program Niniak Mamak Masuk Sekolah Akan Segera Terwujud di Tanah Datar


Tanah Datar, Figurnews.com

Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Tanah Datar, meminta Program Niniak Mamak Masuk Sekolah kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar segera terealisasikan.

Hal tersebut didasari dengan Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau belum mencerminkan adat salingka Nagari.

Demikian disampaikan Sekretaris LKAAM Tanah Datar, HS. DT. Marah Bangso saat temu ramah dengan Bupati Eka Putra, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, pendidikan adat disekolah haruslah betul-betul Ninik Mamak setempat yang mengajarkannya disekolah, karena selama ini materi adat disekolah diajarkan oleh guru yang bukan berasal dari daerah setempat.

"Mengingat Tanah Datar adalah Luhak Nan Tuo, pusat adat dan budaya, diharapkan menjadi yang terdepan terkait masalah adat dan budaya Minangkabau," ucapnya.

Untuk itu LKAAM berharap, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pendidikan Adat dan budaya haruslah pemangku adat itu sendiri yang mengajarkannya kepada anak didik disekolah.
 
Menanggapai hal tersebut, Bupati Eka Putra menyambut baik rencana tersebut dan mengusulkan untuk dapat dilaksanakan secara bertahap, serta meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat mengatur jadwalnya.

“Kita coba satu jam satu minggu dan dimasukkan dalam pembelajaran muatan lokal, setelah itu nanti diadakan lomba terkait pembelajaran adat ini,” ujarnya.
 
Selain itu kata Bupati, pendidikan agama juga harus ditambah, karena menurutnya itu penting di samping pembelajaran adat dan mata pelajaran lainnya yang akan mencerdaskan serta melahirkan peserta didik yang berkarakter.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi mengatakan program Niniak Mamak Masuk Sekolah ini sedang dalam tahap persiapan silabus, kurikulum dan di bidang kebudayaan sudah dalam bentuk kegiatan namun ini masih terbatas.

Ke depan pihaknya akan mendorong pihak sekolah untuk berkoordinasi dengan niniak mamak di nagari di mana sekolah berada untuk dijadikan narasumber. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre