Breaking News

loading...


Pengadilan Agama Batusangkar Tandatangani Kontrak Layanan POSBAKUM Dengan LKBH IAIN Batusangkar


Tanah Datar, Figurnews.com

Pengadilan Agama Batusangkar melaksanakan penandatanganan kontrak kerjasama Pelayanan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) dengan Lembaga Hukum Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) IAIN Batusangkar, Senin (22/3/202) bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama setempat.

Pembina LKBH IAIN Batusangkar, Dr. Nofialdi, MA, menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan Pengadilan Agama Batusangkar kepada LKBH IAIN Batusangkar sebagai mitra pemberi layanan pos bantuan hukum (Posbakum).

“Tentu kepercayaan ini akan kami jaga dan menekankan kepada Direktur LKBH IAIN Batusangkar untuk menjaga kepercayaan yang diberikan dengan profesionalitas kerja, memberikan pelayanan yang prima, dan professional,” tegas Nofialdi.

Sementara itu Ketua Pengadilan Agama Batusangkar H. Palatua Lubis, SH, M.HI menyampaikan, layanan Posbakum adalah layanan kepada masyarakat pencari keadilan, yang ada pada yurisdiksi Pengadilan Agama Batusangkar, untuk mendapatkan informasi, konsultasi hukum atau advis hukum, bantuan pembuatan dokumen  hukum dan bahkan pendampingan bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Pelaksanaan Pelayanan Posbakum di Pengadilan Agama Batusangkar adalah bentuk pengejawantahan dari peraturan pemerintah nomor 84 tahun 2008 tentang tata cara pemberian bantuan hukum secara Cuma-Cuma dan surat Edaran Mahkamah Agung No.10 tahun 2010 tentang bantuan hukum,” terang Palatua Lubis.

Adapun peraturan terbaru, sambungnya, dapat dilihat pada PERMA No.1 tahun 2014 salah satu pasal dalam perma tersebut, yaitu pasal 1 ayat 6 menjelaskan Posbakum untuk memberikan layanan hukum berupa informasi, dan advis hukum, serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan.

“Dari itu mari kita sama sama menjadikan nilai-nilai profesionalitas dalam kinerja pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di lingkungan Pengadilan Agama Batusangkar,” ajak Palatua Lubis.

Sementara itu direktur LKBH IAIN Batusangkar Nopil Asrianto, S.HI menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan dari Pengadilan Agama.

"Insya Allah akan menjaga kepercayaan tersebut dengan bekerja profesional dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Tanah Datar,” ujar Nopil.

Ia menambahkan, LKBH IAIN Batusangkar dalam bekerja memberi pelayanan bantuan hukum pada Posbakum di Pengadilan Agama Batusangkar ada dua tanggungjawab. Pertama adalah tanggungjawab ke Pengadilan Agama Batusangkar dan kepada IAIN Batusangkar.

“Pelayanan Posbakum juga cerminan dari pelayan Pengadilan Agama Batusangkar, dari itu kita akan memaksimalkan pelayanan dengan servis terbaik, dan menjaga nama baik almamater IAIN Batusangkar dengan prefesionalitas kerja Pelayanan Posbakum nantinya,” tutup Nopil Asrianto. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre