Breaking News

Pemkab Tanah Datar dan IAIN Batusangkar Jalin Kerjasama


Tanah Datar, Figurnews.com

Sehubungan dengan telah dimulainya perkuliahan tatap muka, IAIN terus meningkatkan hubungan dengan segala pihak.

Kali ini IAIN bersama Pemkab Tanah Datar sepakat untuk melaksanakan kerjasama terutama dalam bidang pendidikan dan pembangunan.

“Kedatangan kami ini untuk bersilaturahmi dan menyampaikan sebagian besar rencana dan cita-cita IAIN ke depan, terutama tentang alih status menjadi UIN,” ujar Rektor IAIN Marjoni saat silaturrahmi dengan Wakil Bupati Richi Aprian, Senin (22/3/2021) bertempat diruang kerja Wabup.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Tanah Datar kaya Marjoni, pihak IAIN siap bekerjasama dan mendukung program pemerintah daerah.

"Sejalan dengan visi dan misi IAIN, ingin Tanah Datar kembali menjadi pusat pendidikan agama Islam dan program ini hampir sejalan dengan visi dan misi Pemkab Tanah Datar ke depan,” ujarnya.

Salah satu bentuk dukungan IAIN terhadap program Pemda adalah menerima mahasiswa baru dari jalur tahfiz.

"Program ini telah ada dimasa pemerintahan Almarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi, yang berharap IAIN mau menerima mahasiswa dari jalur tahfiz, sehingga sampai saat ini program ini masih bertahan dan berlanjut,” pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Richi Aprian menyambut baik program dan kerjasama dari IAIN Batusangkar.

"Sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi sangat dirasakan manfaatnya, tidak sebatas pendidikan saja, namun bagi masyarakat sekitar manfaat ekonomi juga sangat dirasakan, tentu hal ini menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan ke depannya," ucap Wabup.

Wabup menambahkan, IAIN Batusangkar akan meningkatkan statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) beberapa waktu ke depan, tentunya menjadi kebanggaan bagi Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Ia berharap peningkatan status juga akan meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan di sini nantinya.

“Nanti diharapkan semakin banyak mahasiswa untuk berkuliah selepas menjadi UIN, apalagi Tanah Datar merupakan daerah yang letaknya di tengah di antara kabupaten kota lain sehingga akses semakin mudah. Dan tentunya akan menjadikan Tanah Datar pusat pendidikan di Sumatera Barat,” katanya. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre