Breaking News

Pembinaan Rumah Tahfidz di Tanah Datar Semakin Matang


Tanah Datar, Figurnews.com

Pembina Rumah Tahfidz Tanah Datar Afrizon mengatakan, saat ini Tanah Datar sudah memiliki 217 Rumah Tahfidz. Perkembangan rumah tahfidz ini katanya, merupakan program kabupaten Tanah Datar yang digagas oleh almarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi beberapa tahun lalu.

"Awalnya hanya 6 unit rumah tahfidz, namun rentang waktu 4 tahun menjadi 217 saat ini," ungkap Afrizon diruang kerjanya, Rabu (24/3/3021).

Dari 217 tersebut kata Afrizon, 14 diantaranya dibawah pembinaan Pemda Tanah Datar, untuk pembinaan sekaligus rumah tahfidz percontohan.

"Pemkab Tanah Datar bersama dengan Forum Komunikasi Rumah Tahfidz Tanah Datar melakukan pembinaan berkesinambungan turun langsung ke rumah-rumah tahfidz tersebut," kata Afrizon.

Afrizon yang juga Kabag Kesra Pemkab Tanah Datar ini menyebut, program tahfidz yang digagas Pemda tersebut sangat berdampak terhadap perkembangan akhlak generasi muda.

"Saat ini kita sangat mudah menemukan anak-anak yang hafal 1 juz bahkan 30 juz," sebutnya.

Ia menambahkan, Tanah Datar setiap tahun menggelar acara waqaf 1000 hafidz yaitu wisuda bagi santri yang telah hafidz Alquran mulai dari 1 juz. Bahkan Pemkab Tanah Datar katanya, juga memberikan peluang kepada seluruh masyarakat tanpa pandang usia, untuk mengikuti pelaksanaan Validasi Hifzil Quran.

"Program ini terbuka untuk semua usia, minimal hafal 3 juz. Dan nanti akan diuji oleh Lajnah Tahfidz Quran," tambahnya.

Kemudian Pemkab Tanah Datar juga membuat program sertifikasi guru-guru tahfidz. Sertifikasi ini bekerjasama dengan IAIN Batusangkar, untuk menciptakan dan mengantisipasi kebutuhan guru tahfidz yang kompeten, agar melahirkan hafidz dan Hafidzah yang berkualitas.

"Bulan November tahun lalu sudah kita mulai dengan mengambil 20 orang mahasiswa IAIN yang berdomisili di Tanah Datar. Selanjutnya mereka kita asramakan selama 6 bulan, dengan materi Ilmu Quran, Ilmu Pendidikan serta manajemen dengan 40 kali pertemuan," katanya.

Afrizon juga menyebut, hal ini dilakukan untuk semakin matangnya rumah tahfidz di Tanah Datar. Disamping itu agar lahir para penghafal Alquran yang berakhlak Karimah. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre