Breaking News

Patroli Terpadu Satgas Karhutla Kota Pontianak Kodim 1207/BS Mendapati Warga Sedang Membakar Lahan


Pontianak,Figurnews.Com-
Koramil 02/Pontianak Selatan Kodim 1207/BS yang dipimpin oleh Serda Yasin Babinsa Bansir Darat bersama Tim Posko Terpadu Sepakat 2 Satgas Karhutla Kota Pontianak melaksanakan Patroli dan Monitoring terkait perkembangan situasi karhutla di wilayah Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. (Kamis, 11/3/2021)


Kegiatan patroli terpadu oleh anggota Koramil 1207-02/Pontianak Selatan yang dipimpin oleh Serda Yasin Babinsa Bansir Darat bersama Tim Posko Terpadu Sepakat 2 Satgas karhutla Kota Pontianak dengan sasaran patroli dilaksanakan disekitar wilayah Jalan Sepakat 2 ujung Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak.


Patroli ini rutin dilakukan oleh Satgas karhutla terutama di wilayah yang tidak terkena hujan yang mana sangat mudah dan besar kemungkinan terjadi pembakaran lahan dikarenakan kondisi lahan yang sudah mulai mengering.


Pada saat tengah melaksanakan patroli, anggota Koramil 1207-02/Pontianak Selatan yang dipimpin oleh Serda Yasin Babinsa Bansir Darat bersama Tim Satgas Terpadu Karhutla Sepakat 2 melihat adanya api di lokasi sasaran patroli dan Tim patroli langsung menuju ke titik api tersebut guna pengecekan, ternyata titik api tersebut berada di lahan milik Bapak Musa dan mendapati yang bersangkutan sedang berusaha menyalakan api.


Api sudah sempat membesar namun dengan sigap anggota Koramil 1207-02/Pontianak Selatan yang dipimpin oleh Serda Yasin Babinsa Bansir Darat bersama Tim patroli Terpadu langsung memadamkan api tersebut sehingga tidak sempat membesar dengan menggunakan alat peralatan yang terbatas dan kemudian api tersebut berhasil dipadamkan.


Adapun motif pembakaran lahan didapat setelah Bapak Musa pemilik lahan tersebut memberikan keterangan bahwa lahan dibakar untuk membuka lahan berkebun dengan alasan karena lahan miliknya luas sehingga cara yang cepat untuk membuka lahan adalah dengan cara dibakar.


Dengan demikian pelaku pembakaran Lahan di Lokasi Jln. Sepakat 2 ujung, 

yang sengaja dibakar oleh pelaku telah diamankan. Ia juga mengakui telah melakukan pembakaran dengan media korek api yang sengaja dibawa dari rumahnya, dan tidak mengindahkan himbauan yang disampaikan oleh personel Tim terpadu untuk tidak melakukan pembakaran lahan.


Saat itu pelaku telah diamankan di Posko Terpadu Karhutla di Jln. Sepakat 2 dan diserahkan ke Polresta Pontianak guna menjalani proses selanjutnya.(Pendim 1207/BS)

Editor :Fella

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre