Breaking News

loading...


Pacu Jawi Olah Raga Eksotik dan Mendunia


Tanah Datar, Figurnews.com

Siapa yang ta kenal dengan Pacu Jawi. Olah raga yang exotic dan menantang ini hanya ada di Tanah Datar.

Banyak yang mengira olah raga ini mirip dengan karapan sapi di Madura. Keduanya sangat berbeda.
Karapan Sapi menggunakan tanah yang datar sebagai arenanya sementara Pacu Jawi menggunakan area persawahan yang basah dan berlumpur.

Ajang balapan sapi ini awalnya murni untuk hiburan bagi para petani usai masa panen. Hal itu lah yang membuat Pacu Jawi menarik, dan selalu terkesan meriah.
Pacu Jawi juga dikenal sebagai perayaan rasa ucapan syukur atas masa panen.

Photografer dari dalam dan manca negara berebut ingin mengambil moment tersebut. Karena keunikannya inilah maka Pacu Jawi masuk dalam salah satu Warisan Budaya Tak Benda.

Pengakuan sebagai Warisan Budaya Tak Benda ini diganjal dengan sertifikat dari Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan RI.

Hari Rabu, (24/3/2021) Gubernur Sumatera Barat Menyerahkan sertifikat tersebut dan diterima oleh Wakil Bupati Tanah Datar di Padang.

Sebagai ucapan rasa syukur, Wabup Richi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menjadikan pacu Jawi ini sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

"Pengakuan ini hendaknya menjadi awal dan momentum bagi kebangkitan wisata di Tanah Datar," Ucap Wabup.

Ia berharap dinas terkait, dan juga penggiat wisata ataupun generasi muda untuk dapat melahirkan inovasi dalam pengemasan alek anak nagari ini, untuk dapat diminati wisatawan nasional maupun mancanegara.

Kedepan kata Wabup, Tanah Datar yang kaya akan tradisi adat budaya, untuk terus digali serta dapat diusulkan kepemerintah pusat.

"Seperti Pacu Jawi ini, sebagai upaya melestarikan adat budaya serta menjadi nilai tambah peningkatan ekonomi masyarakat," ucapnya. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre