Breaking News

Musrenbang Kecamatan Rambatan dimulai Tim Pembina Kabupaten Ingatkan Ini.


Tanah Datar, Figurnews.com

Pilkada telah selesai. Biduak lalu kiambang batauik.
Mari kita dukung Bupati/wabup yg terpilih. Bersama Era Baru, Tanah Datar akan bisa lebih maju.

Demikian disampaikan Nuryeddisman, Ketua Tim Pembina Musrenbang Kabupaten, saat mengadiri Musrenbang Kecamatan Rambatan, Rabu (10/3/2021).

Visi dan Misi yang telah dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, hendaknya dapat dilaksanakan oleh segenap pihak.

"Seperti Musrenbang hari ini, melibatkan seluruh wali nagari, tokoh masyarakat dan lembaga unsur lainnya ,"kata Nuryeddisman.

Berkas yang telah disampaikan kepada Kaputen oleh Kecamatan, akan menjadi acuan untuk pembanguman di Kabupaten Tanah Datar.

Disamping itu, persoalan-persoalan mendasar yang sering terjadi di nagari-nagari seperti penanggulangan kebencanaaan.

"Rumah terbakar, Kayu tumbang, boleh digunakan anggaran nagari. Nagari bisa mengadakan Mesin pemotong kayu, pemotong rumput, becak motor, bisa disiapkan nagari dan menjadi aset nagari," katanya.

Dia mencontohkan, saat terjadi bencana seperti kebakaran atau kayu tumbang, menjelang Damkar dan BPBD datang, gunakan fasilitas nagari tersebut.

"Wali Nagari dapat memberdayakan satgas nagari, untuk penanggulangan bencana," katanya.

Tanah Datar telah mencanangkan rumah tahfidz. Untuk itu Nagari diharapkan bisa membina rumah tahfidz yang ada dinagari masing masing. Diamping itu katanya,
Persoalan pemuda yang terlibat narkoba dan kenakalan lainnya, diharapkan peranan dari seluruh lembaga unsur terutama Niniak Mamak.

Kata Nuryeddisman, Peningkakan ekonomi masyarakat melalui pertanian, industri dan UMKM. Pemerintah Daerah dalam pengelolaan UMKM ini, hanya memfasilitasi hal tersebut melalui perusda, bumnag.

Begitupun Dibidang Pariwisata. Rambatan memilki pemandangan alamnya yang indah seperti danau Singkarak, puncak pas. Pengembangan pariwisata ini tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat seperti pedagang-pedagang disekitar lokasi tersebut.

"Ditahun  2020 lalu, Pembangunan infrastruktur kita sempat terhambat akibat pandemi Covid. Makanya banyak fasilitas yang belum tersentuh seperti perbaikan jalan," tutup Nuryeddiaman. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre