Breaking News

loading...


Masyarakat Tanah Datar Tak Usah Risau, Seluruh Masjid Buka Selama Ramadhan 2021


Tanah Datar, Figurnews.com

Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan tahun ini akan kembali meriah dan semarak. Pasalnya Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat mengeluarkan Surat Himbauan kepada Seluruh Masjid dan tempat ibadah lainnya untuk dibuka dan disemarakkan selama bulan suci ramadhan tahun 2021 ini.

Hal ini tentu membuat seluruh kaum muslimin bersuka cita terutama di Kabupaten Tanah Datar, Setelah tahun 2020 lalu, pemerintah melalui MUI terpaksa menutup tempat ibadah selama bulan Ramadhan akibat pandemi Covid-19.

Namun menghadapai Bulan Suci Ramadhan 1442H/2021M, Dewan Masjid Indonesia Sumatera Barat mengeluarkan surat Himbauan. Surat bernomor 007/PW-DMI/SB/III/2021, ditandatangani oleh Ketua Dewan Masjid Sumatera Barat Duski Samad dan Sekretaris Alirman Hamzah, yang  memuat 9 butir himbauan, diantaranya;

Pengurus Daerah DMI Kabupaten/Kota, pengurus masjid, mushalla dan surau untuk mengajak umat melakukan Tarawih, tadarus, tausiyah pada bulan Ramadhan 1442H/2021M. Pengurus masjid, mushalla dan surau menyiapkan kebersihan lingkungan tempat wudhu', cuci tangan, hand satitezer dan kebutuhan protokol kesehatan jamaah.

Kemudian kegiatan I'tikaf, Amil Zakat, Idhul Fitri dan kegiatan ibadah lainnya tetap dilaksanakan dan lebih disemarakkan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Pengurus masjid, mushalla dan surau diminta menfasilitasi, menggerakkan dan melaksanakan pesantren ramadhan, bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota, kementerian agama, pemerintah nagari/kelurahan dan organisasi sosial keagamaan.

Seterusnya DMI juga menghimbau pengurus Masjid, Mushalla  dan Surau untuk menyediakan takjil berbuka puasa bagi musafir, garin dan jamaah terutama di masjid yang berlokasi dijalur utama atau pinggir jalan raya. Dan khusus bagi masjid yang berdekatan lokasinya, agar tidak mempergunakan pengeras suara keluar masjid pada shalat berjamaah, zikir dan doa serta ceramah agama, agar tidak mengganggu kekhusukkan jamaah dalam beribadah di masjid-masjid disekitarnya.

Langkah tersebut diambil oleh DMI Sumbar, mengingat pandemi di Sumatera Barat sudah dapat diatasi.

Senada dengan hal tersebut, Dewan Masjid Infonesia (DMI) Tanah Datar, menyambut gembira dengan dikeluarkannya Surat Himbauan ini.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Tanah Datar Khairul Anwar, menyatakan dirinya sangat setuju dengan adanya surat ini. "Tentu kita sangat setuju," ucapnya di Batusangkar, Kamis (25/3/2021).

Terkait dengan adanya surat himbauan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tanah Datar, Khairul Anwar menyebut akan menunggu informasi dari  anggota lainnya.

"Insya Allah Kita akan diskusikan dulu dengan kawan-kawan yang lain," ucap Khairul Anwar. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre