Breaking News

KPU Tanah Datar: Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada 2020 Hanya 61%


Tanah Datar, Figurnews.com

Komisi Pemilihan Umum Daerah Tanah Datar mengevaluasi perhelatan Pilkada Serentak 2020,
Selasa (16/3/2021) bertempat di Hotel Emersia Batusangkar.

Rapat tersebut dilakukan dalam rangka Evaluasi tahapan Pilkada serentak Tahun 2020 pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar.

Hadir dalam acara tersebut Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, DPRD, Polres, Kodim, Polresta Padang Panjang, Bawaslu, dan Dinas Kominfo Tanah Datar.

Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi mengatakan,  acara ini diselenggarakan dalam rangka mengevaluasi pilkada serentak 9 Desember 2020 yang lalu.

"Disamping itu, untuk mendapatkan masukan dan saran, sehingga dapat diperbaiki pada penyelenggaraan pemilu berikutnya," katanya.

Sementara itu pemerintah daerah Tanah Datar melalui Asisten Bupati Suhermen, memberikan beberapa point penting terkait pelaksanaan pilkada serentak Desember kemaren.  

"KPU Tanah Datar diminta mencari upaya agar partisipasi masyarakat dalam memilih dapat ditingkatkan," katanya.

Selanjutnya dia berharap,  KPU dapat lebih ketat terkait verifikasi data pemilih, agar tidak ada data yang tumpah tindih, serta pencetakan logistik dan distribusi yang lebih maksimal.

Suhermen juga mengapresiasi kinerja KPU beserta jajaran, yang telah menjalankan seluruh tahapan dengan baik, aman dan lancar.

"Sehingga pilkada yang dilaksanakan tidak terdapat gugatan ke MK seperti di beberapa daerah lainnya," katanya.

Sementara itu Thomas Hendriko selaku ketua divisi sosialisasi, pendidikan, pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM KPU Tanah Datar menyampaikan, jika melihat persentase tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkada Tahun 2015 lalu hanya mencapai 57%.

"Meningkat pada Tahun 2020 menjadi 61% walaupun di masa pandemi covid-19. namun, tetap belum mencapai target yang sudah ditentukan yaitu sebanyak 77,5% pemilih," ucap Tomas. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre