Breaking News

Kepala BPCB; Tanah Datar Punya Potensi Wisata Alam dan Budaya Yang Banyak


Tanah Datar, Figurnews.com

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Sumatera Barat Teguh Hidayat mengatakan, Tanah Datar punya potensi luar biasa Dibidang budaya. Dikenal sebagai Luhak Nan Tuo, potensi wisata alam dan wisata budaya sangat banyak didaerah ini.

Hal ini disampaikan Teguh Hidayat, saat menerima kunjungan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian,Rabu (10/3/2021) di Pagaruyung.

Apalagi disisi cagar budaya, Tanah Datar terbilang lengkap. Mulai dari cagar budaya prasejarah, kolonial, kependudukan Jepang," ucapnya.

Tercatat sementara 68 buah objek cagar budaya. Selain itu Tanah Datar juga kaya budaya non benda seperti tradisi, kesenian, kuliner dan sebagainya.

"Jadi jangan biarkan cagar budaya menguap tanpa ada narasi. Perlu ada sentuhan khusus," harap Hidayat.

Teguh Hidayat menambahkan, dengan potensi yang sangat luar biasa tersebut, sangat rugi pemerintah daerah kalau tidak bisa mengembankan dan memanfaatkannya.

"Kami punya harapan besar dengan kepemimpinan baru Tanah Datar, agar sektor budaya sudah saatnya menjadi anak emas yang menjadi perhatian bersama," ucap Teguh.

Sementara Wakil Bupati Richi Aprian mengatakan, 

Maksud kedatangan ke BPCB adalah silaturrahmi, sekaligus menjalin komunikasi, tentang apa yang bisa dikerjasamakan dalam bidang kebudayaan.

Wabup Richi yang didampingi Kadis Dikbud Riswandi berharap, banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara pemerintah daerah dengan BPCB Sumbar tentang pelestarian cagar budaya.

“Pemerintah pusat tentu tanpa alasan memilih lokasi Tanah Datar sebagai kantor BPCB yang mempunyai wilayah kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau. Hampir di seluruh nagari di Tanah Datar memiliki cagar budaya. Tentunya memudahkan dalam menjalankan tugas yang diemban,” kata Wabup.

Wabup Richi berharap dengan pertemuan ini, akan ada tindak lanjut bersama dan saling bersinergi, untuk lebih menggali potensi cagar budaya.

"Tidak hanya penataan dan pelestariannya, tetapi lebih optimal pemanfaatannya untuk pendidikan dan pariwisata," tutup Wabup.

(HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre