Breaking News

Kecamatan Sutera dan Batanga Kapas, Diserang Hama Wereng


Painan, Figurnews.com

Cuaca buruk yang terjadi di Pessel dan dua Kecamatan yakni Sutera dan Batanga Kapas, Pesisir Selatan, menyebabkan munculnya organisme pengganggu tanaman (OPT).

Sedikitnya, sudah ada  ratusan hektare tanaman padi petani yang diserang hama wereng.

“Dengan cuaca ekstrem ini, kadang panas luar biasa, lalu hujan begitu lama, ini rentan muncul hama wereng,” kata  Danil, saat dihubungi  Figurnews.com, Senin (29/3/2021).

Menurut, Danil, (43) petani di Nagari Koto Taratak, Kecamatan Sutera sudah berupaya penyemprotan dengan mengunakan pestisida. Namun tidak membuahkan hasil.

Begitu jufa Isul, (45) di Nagari Taluak Tigo Sakato, Batang Kapas juga sudah berupaya mengatasi hama wereng tersebut, tadi juga tidak  berhasil.

Kedua petani itu menerangkan hampir ratusan hektare tanaman padi terancam mati diserang hama wereng sehingga tanaman padi itu beransur menguning dan mati.

Menurutnya, tanaman padisudah berusia satu bulan mengering dan beransur layu dan mati. Ganasnya hama wereng menyerang daun dan akar tanaman padi, ini kalau tidak diantisipasi secara optimal, akan terjadi gagal panen,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian Pessel, Nuzirwan ketika dikonfirmasikan melalui telfon selulernya, meminta dikonfirmasikan ke BPPK pertanian yang ada di kecamatan masing masing. Dikatakan, tidak ada anggaran untuk membeli racun hama tersebut.

Ketika dikonfirmasi kepada BPPK Kecamatan Sutera, Erman, tidak menjawab telpon selulernya juga pesan singkat WA,"katanya. (Ef)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre