Breaking News

Kasat Pol PP Tanah Datar; Kesadaran Masyarakat Masih Rendah Dengan 3M


Tanah Datar, Figurnews.com

Kesadaran masyarakat masih rendah dengan protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah, Seperti 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

Ini terlihat saat petugas menjaring puluhan masyarakat yang tidak memakai masker saat hari pasar di Batusangkar, Kamis (18/3/2021).

Tercatat, setidaknya 65 warga terjaring razia penegakan protkes oleh Pol PP Tanah Datar.

"Mereka kita beri sanksi membersihkan tempat fasilitas umum akibat melanggar Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)," kata Yusnen Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar.

Tim Gabungan Penegak Perda kabupaten Tanah Datar turun hari Kamis ini dengan personil dari Satpol PP, Polres, Kodim, dan Dinas Perhubungan.

"Pelanggaran yang ditemukan personil dilapangan, seperti pengendara sepeda motor atau pelaku usaha seperti tidak memakai masker, dan berkerumun tidak menjaga jarak,"  ucapYusnen.

Yusnen menyebut, ditemukannya pelanggaran ini, akibat kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan belum optimal, masih terlihat sebagian besar warga, pengendara, pedagang dan pengunjung pasar tidak memakai masker.

Kasi Penegakan Perda Satpol PP Elfiardi menambahkan, sebagai efek jera bagi pelanggar Perda mereka diberikan sanksi kerja sosial.

"Kita memberikan hukuman kepada mereka membersihkan fasilitas umum dengan memakai rompi bertuliskan " Pelanggar Protokol Kesehatan".

"Kemudian, seluruh pelanggar tercatat pada aplikasi Sipelada, yang berisikan data Pelanggar Perda Nomor 6 tahun 2020 di Sumatera Barat," katanya.

Kata Elfiardi, karena status pandemi COVID-19 belum dicabut, upaya melindungi kesehatan masyarakat melalui penegakan kepatuhan pada protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dalam bentuk razia bersama tim gabungan. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre