Breaking News

Galapuang Pangian Terima Manfaat Program Air Bersih Pamsimas


Tanah Datar, Figurnews.com

Masyarakat Nagari Pangian akhirnya merasa lega. Pasalnya kebutuhan dalam rangka penyediaan serta pemenuhan air minum dan sanitasi di daerah tersebut terpenuhi.

Hal tersebut ditandai dengan diresmikan Penyediaan Air dan Sanitasi Berbasis Masayarakat (Pamsimas) kampung Galapoung Jorong Koto Gadang oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (24/3/2021) di Nagari Pangian Lintau Buo.

Program Pamsimas merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka penyediaan serta pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi bagi masyakat di pedesaan yang dilaksanakan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM).

Dengan diresmikannya Pamsimas di daerah itu, masyarakat tidak lagi mengandalkan Batang Air Sinamar untuk aktifitas Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

“Intinya program Pamsimas hadir untuk meningkatkan derajat kesehatan, baik air minum maupun sanitasinya,” ujar Bupati Eka.

Dengan terwujudnya Pamsimas tersebut, Bupati Eka mengajak  masyarakat dapat menjaganya sebaik mungkin.

Pengurus KKM program Pamsimas III Galapuang Novarisman mengatakan saat ini tercatat sebanyak 86 rumah yang dihuni lebih kurang 100 Kepala Keluarga (KK) dengan 250 jiwa warga di Galapuang, beberapanya telah memiliki kamar mandi di rumah.

Ia menambahkan dari program Pamsimas sebanyak 86 rumah menjadi sasaran untuk mendapatkan failitas air bersih, “Namun, dari program Pamsimas baru mampu mengaliri 36 rumah, jumlah itu melebihi target sebanyak 25 rumah,” ujar Novarisman yang juga menjabat sebagai Sekretaris Nagari Pangian.

Novarisman merinci, ada empat sumber anggaran terwujudnya Pamsimas itu, yakni swadaya masyarakat berupa In Cash sebesar Rp. 9.640.000,00, In Kind sebesar Rp. 38.560.000,00, APBN sebesar Rp. 168.700.000,00 dan Anggaran Dana Desa sebesar Rp. 24.100.000,00 dengan total Rp. 241.000.000,00.

“Kita ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menghibahkan sebagian lahannya, inilah awal dan akan ditingkatkan lagi kedepannya, mohon dukungannya,” tutupnya. (HDR)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre