Breaking News

loading...


Berawal dari Hobi, Pria Asal Sipora Jaya Ini Peroleh Uang Tambahan Rp2 juta per Bulan



Foto: Sutrisno dan Istrinya saat membungkus bibit lele yang akan dibawa pembeli. Kamis, (18/03/2021).

MENTAWAI. FN- Hobi juga dapat menghasilkan uang bagi para penggemarnya, salah satunya Sutrisno (31) Warga Asal Karya Bakti, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai ini dapat menghasilkan uang Rp2 juta per bulan

Penghasilan itu diperoleh dari pembibitan Ikan Lele. Ia memperoleh rata-rata 10 ribu ekor bibit lele per satu pasang induk. Usaha pembibitan ikan lele itu telah dilakoninya selama 2 tahun belakang. Tepatnya pada tahun 2019 lalu.

"Bibit lele ukuran 6 sampai 7 centimeter dijual seharga Rp500 per ekor, sedangkan bibit lele ukuran 4 sampai 5 centimeter, dijual seharga Rp300," ungkap Sutrisno saat ditemui figurnews.com di kediamannya. Rabu, (18/03/2021).

Dijelaskannya, jika dikulkulasikan 1 bibit lele seharga Rp300 per ekor. Maka dari jumlah 10 ribu ekor ia dapat memperoleh uang Rp 3 juta

Dari hasil pembibitan lele tersebut, Sutrisno dapat meraut untung rata-rata Rp 2juta per bulan. Aneka jenis ikan itu ditampung sebanyak 11 kolam. 

Disebutkannya, sebanyak 11 kolam itu terbagi dari 2 kolam pemijahan, 4 kolam pendederan, 1 kolam indukan dan 3 kolam pembesaran.

Selain menghasilkan bibit lele, Sutrisno juga melakukan pembesaran ikan lele dengan sekali panen per 3 bln.

"Kalau sudah besar lele ini juga kita jual ke penampung dengan harga Rp27 ribu per kilogram dengan jumlah sekali panen seribu ekor, rata-rata pembeli berasal dari desa sekitar ini," terang Suami, Delfi Mayetti Penyuluh Pertanian Lapangan di Instansi Ketahanan Pangan dan Pertanian itu.

Adapun kendala dialaminya selama pembudidayaan itu adalah pakan cacing sutra untuk benih lele dan sumber air, dimana kolam hanya bergantung terhadap air hujan dan air sumur. 

Sutrisno berharap agar instansi terkait dapat mendukung pembudidayaan ikan di darat tersebut. 

Ditempat yang sama Marhel Saogo (32) Warga setempat mengatakan bahwa ia sangat terbantu dengan adanya tempat penjualan bibit lele di desanya. 

Dikatakannya, bibit lele ini diperuntukan kolam di rumahnya. "Rencana kita mau kita besarkan, kalau udah besar bisa dimasak," ujarnya. 

Marhel membeli sebanyak 200 ekor bibit lele dengan harga Rp300 per ekor. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre