Breaking News

loading...

Dinas Sosial Pasaman Barat Ajukan BPJS Gratis, Ini Syarat Ketentuannya


Pasaman Barat, Figurnews.com

Dinas Sosial kabupaten Pasaman barat saat ini sedang melakukan pengajuan BPJS kesehatan gratis kepemerintah pusat. Pemerintah daerah kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) masyarakat saat ini sangat membutuhkan BPJS kesehatan gratis, sehingga pengajuan BPJS kesehatan gratis dapat dikabulkan oleh pemerintah pusat. Kamis (28/01)

Kadis sosial Pasbar Yonnisal, SE mengenai BPJS kesehatan gratis mengatakan bahwa kita dari pihak pemerintah daerah melalui dinas sosial berusaha mungkin mengajukan BPJS kesehatan gratis kepemerintah pusat sebanyak 1534 Jiwa untuk masyarakat pasaman barat.

"Ya benar ,Kita ajukan BPJS kesehatan gratis  kepemerintah pusat sebanyak 1534 kartu BPJS gratis ditahun 2021" ujarnya Yonnisal, SE diruang kerjanya

Ia menambahkan bahwa  BPJS kesehatan gratis untuk masyarakat Pasaman barat yang kita ajukan ini kiranya dapat dipenuhi oleh pemerintah pusat karena banyak masyarakat Pasaman barat saat ini membutuhkan BPJS kesehatan gratis disaat situasi Covid-19.

"Ditahun 2020, masih banyak  masyarakat Pasaman Barat tidak mempergunakan BPJS kesehatan gratis ini sehingga BPJS kesehatan gratis terblokir karena jangka waktu kartu BPJS kesehatan gratis ini masa berlakunya hanya 2 bulan saja jikalau tidak digunakan tetapi kalau digunakan setiap saat kartu BPJS kesehatan digunakan untuk berobat oleh masyarakat maka tidak akan banyak diblokir oleh pemerintah pusat" ujarnya Yonnisal,SE .

Selanjutnya, jikalau BPJS kesehatan gratis ini digunakan oleh masyarakat yang mendapatkannya maka tidak terjadi pemblokiran oleh pemerintah pusat karena pemerintah pusat tiap bulan membayar kewajiban namun masyarakat tidak menggunakannya semaksimal mungkin, kartu BPJS kesehatan gratis yang diblokir oleh pemerintah pusat itu lebih kurang sebanyak 9 ribu kartu (orang) ujarnya Yonnisal, SE.

"Pemblokiran BPJS kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat sebanyak 9 ribu ini sangat disayangkan oleh pemerintah pusat karena kartu BPJS kesehatan gratis yang dibagikan kemasyarakat tidak digunakan semaksimal mungkin sehingga terjadi pemblokiran oleh pemerintah pusat" ujarnya Yonnisal, SE 

"Pemerintah pusat mengharapkan kepada masyarakat yang ada dikabupaten pasaman barat agar selalu menggunakan BPJS kesehatan gratis dalam keadaan sakit walaupun hanya keadaan flu karena iuran bulanan selalu dibayar oleh pemerintah pusat ke BPJS dan kalau tidak digunakan oleh masyarakat maka kartu tersebut bisa diblokir" ujarnya Yonnisal, SE kepada awak media.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat pasaman barat untuk selalu mempergunakan BPJS kesehatan gratis semaksimal mungkin walaupun hanya keadaan demam biasa karena iuran bulanan selalu dibayar oleh pemerintah pusat jikalau tidak digunakan oleh masyarakat maka sangat disayangkan sekali.

Ia menambahkan kalau ada diantara masyarakat yang ingin kembali BPJS kesehatan gratis yang sudah terblokir maka masyarakat masih bisa mengajukan kembali dengan catatan masyarakat tersebut harus memenuhi persyaratan dari awal pengajuan, pengajuan untuk mendapatkan BPJS gratis tersebut dapat menyerahkan berkas pengajuan kekantor wali nagari induknya masing masing.

Ia menambahkan Syarat pengajuan BPJS gratis itu hanya membawa foto copy KK dan KTP kekantor wali nagari induk dimana petugas yang ada dikantor wali nagari induk akan mendata, namun data yang sudah dientri oleh petugas disana (walinagari induk) akan mengirimkan data itu ke Dinsos sehingga data itu kita akan kirim kepemerintah pusat untuk diajukan. 

"Tentunya data yang ada itu kita harus survei kelapangan, apakah data yang ada itu betul betul warga tidak mampu atau sebaliknya" tutup Yonisal.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre